Bey Machmudin Instruksikan Kabupaten Kota di Jawa Barat Rutinkan Uji KIR

- 28 Mei 2024, 09:12 WIB
Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat,Bey Machmudin.
Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat,Bey Machmudin. /Biro Adpim Jabar /Metro Jabar

GALAMEDIANEWS - Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin mengeluarkan instruksi terkait kelaikan kendaraan. Bey meminta seluruh kabupaten dan kota melakukan uji KIR.

Instruksi ini keluar usai terjadinya kecelakaan truk yang mengakibatkan satu orang tewas di Jalan Raya Kolonel Masturi, Kota Cimahi, Senin, 27 Mei 2024.

Peristiwa maut ini diduga disebabkan oleh rem blong dari truk. Oleh karena itu, Bey meminta semua Dishub di kabupaten dan kota yang ada di Jabar bisa segera langsung melakukan uji KIR.

"Saya minta di semua kabupaten dan kota ikuti intruski ini agar jangan ada rem blong dan pemilik bus teruk dan pengemudinya itu harus dipastikan, janganlah sampai rem blong," kata Bey.

Bey geram dengan masih adanya truk dengan kondisi rem blong yang lolos uji KIR. Menurutnya, kondisi itu seharusnya tidak terjadi jika dalam pengujian dilakukan dengan baik dan sesuai prosedur, tanpa hanya asal memberikan label lolos uji KIR.

"Ini kan bisa diprediksi ya misalnya diinjak dua kali baru ada rem, ini kan mobil tidak normal begitu. Jadi jangan dipakai, kalau cilaka kerugian banyak apalagi sampai ada korban jiwa, sangat disesalkan," papar Bey.

Dalam waktu dekat ini, Bey memastikan akan memanggil Kepala Dinas Perhubungan Jawa Barat. Dia meminta agar uji KIR ini dilakukan segera mungkin dan jangan sampai ada pungli untuk menghindari terjadinya kecelakaan.

"Saya intruksikan Kadis Perhubungan untuk laksanakan uji KIR sesuai aturan berlaku dan saya minta agar tidak ada suap dan pungli jadi tegakan aturan itu pertama harus diperiksa dan jangan sampai pungli. Jadi kalau ada pungli kan itu hanya di cap ditandai sudah diperiksa padahal tidak," ungkap dia.

Sebelumnya, sebuah truk dengan nomor polisi D 8951 BY mengalami kecelakaan. Truk itu menabrak mobil Nisan Grand Livina dengan nomor polisi D 1941 XHJ, dan motor sepeda motor dengan nomor polisi D 2592 UCM hingga menyebabkan sopir truk meninggal dunia dan enam orang korban mengalami luka-luka.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah