Akan Diberlakukan! Contra Flow di Tol Cisumdawu Sumedang

- 22 September 2023, 16:36 WIB
PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT) akan membangun jalan overpass atau jalur memotong di atas ruas jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan). Pembangunan jalur tersebut diklaim didasari atas permintaan warga.
PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT) akan membangun jalan overpass atau jalur memotong di atas ruas jalan Tol Cisumdawu (Cileunyi-Sumedang-Dawuan). Pembangunan jalur tersebut diklaim didasari atas permintaan warga. /X @sarangib/


GALAMEDIANEWS - Para pengguna jalan yang melintas di Jalan Tol Cisumdawu diminta berhati-hati, menyusul pembangunan overpass di KM 91 di Desa Cibeureum Wetan, Kecamatan Cimalaka, Kabupaten Sumedang sehingga contra flow (pengaturan lalu lintas) akan diberlakukan.

“Dalam dua hari ke depan tanggal 25 sampai 26 September 2023 akan diberlakukan contra flow di salah satu titik (KM 191) Jalan Tol Cisumdawu," kata Direktur Teknik dan Operasi PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Bagus Medi Suarso didampingi Direktur SDM dan Umum Agustinus Sudrajat, Kamis 21 September 2023.

"Karena dalam waktu itu akan dilaksanakan pekerjaan konstruksi dan pemasangan overpass. Yaitu pengangkatan balok jembatan dengan menggunakan dua unit crane sehingga mengakibatkan terganggunya arus lalu lintas dari kedua arah. Pengerjaannya pukul 09-15 WIB, selama dua hari itu,” lanjutnya.

Baca Juga: My Hero Academia Battle Royale Akan Rilis Akhir September Ini

"Titik lokasi jalan overpass yang dibangun awalnya direncanakan untuk JPO (Jembatan Penyeberangan Orang), namun lantaran adanya tuntutan warga yang disampaikan melalui Bupati Sumedang lalu kemudian diteruskan ke Menteri PUPR," ungkap Bagus

Terkait pembangunan jalur tersebut, pada 25-26 September 2023 rencananya bakal ada proses pengangkatan balok beton penyangga dengan menggunakan sebuah crane. Proses tersebut akan menutup salah satu jalur Tol Cisumdawu di sekitar lokasi pembangunan.

Bagus memaparkan, ruas jalan Tol Cisumdawu sendiri tetap akan beroperasi seperti biasa. Namun di sekitar lokasi pembangunan akan ada rekayasa lalu lintas berupa contraflow yang dimulai dari KM 189 hingga KM 194.

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Sarapan di Surabaya yang Enak, Lengkap dengan Alamatnya! 

"Karena di sana nantinya akan ada alat berat berupa crane yang menutup salah satu jalur maka di sana pun akan ada rekayasa jalan berupa contraflow, artinya dari titik U-turn (putaran) yang ada di Tol Cisumdawu nantinya hanya satu jalur yang akan digunakan secara bersamaan oleh dua arah kendaraan," terangnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x