6 Fakta Menarik Tol Cisumdawu yang Baru Saja Diresmikan Joko Widodo, Telan Biaya Hingga Belasan Triliun

- 13 Juli 2023, 09:08 WIB
Tol Cisumdawu yang baru diresmikan Presiden Jokowi menyimpan fakta menarik perlu diketahui mulai dari biaya hingga teknologi yang digunakan
Tol Cisumdawu yang baru diresmikan Presiden Jokowi menyimpan fakta menarik perlu diketahui mulai dari biaya hingga teknologi yang digunakan /Pixabay @Pasja1000/

GALAMEDIANEWS – Setelah sekian tahun, Tol Cisumdawu (Cileunyi - Sumedang - Dawuan) akhirnya diresmikan Presiden Joko Widodo secara langsung pada Selasa, 11 Juli 2023 lalu di depan twin tunnel yang menjadi daya tarik dari jalan bebas hambatan ini.

Setelah diresmikan, nantinya Tol Cisumdawu akan dibuka untuk umum secara penuh mulai dari seksi 1 hingga seksi 6 yang mana sebelumnya seksi 1-seksi 3 telah dibuka pada tahun 2022 lalu dan disusul seksi 4-seksi 6 setelah dilakukan peresmian oleh Jokowi kemarin.

Jalan Tol Cisumdawu menghubungkan daerah Bandung, Sumedang, dan Majalengka dan merupakan jalan bebas hambatan yang memiliki rute sepanjang 62,60 kilometer yang menjadi bagian dari rute Jalan Tol Trans Jawa yang berada di Jawa Barat.

Baca Juga: Lelang Ulang Pembangunan Tol Getaci, Berikut Rute yang Akan Dilalui Jalan Tol Bandung-Cilacap

Jalan Tol Cisumdawu memiliki 6 seksi yang mana seksi 1 memiliki rute sepanjang 11,45 kilometer dengan rute Cileunyi – Pamulihan. Seksi 2 memiliki rute 17,05 kilometer dengan rute Pamulihan – Sumedang, dan seksi 3 memiliki rute sejauh 4,05 kilometer Sumedang – Cimalaka yang telah dibuka sejak Desember 2022 lalu.

Sementara untuk seksi 4 memiliki rute Cimalaka - Legok dengan jarak sejauh 8,2 kilometer, seksi 5 memiliki rute Legok - Ujung Jaya dengan jarak  sepanjang 14,9 kilometer, dan seksi 6 memiliki rute Ujung Jaya - Dawuan, termasuk Junction Dawuan dengan jarak sejauh 6,065 kilometer.

Dengan dibukanya Tol Cisumdawu ini, maka disinyalir bisa menjadi pendukung kelancaran aktivitas Bandara Kertajati yang diharapkan akan beroperasi penuh pada Oktober 2023.  

6 Fakta Menarik Tol Cisumdawu

Tol Cisumdawu terkenal dengan salah satu hal unik yang sampai saat ini di Indonesia hanya dimiliki jalan bebas hambatan satu ini, yaitu ini terowongan kembar atau twin tunnel yang mana merupakan terowongan pertama di jalan tol yang ada di Indonesia.

Selain memiliki keunikan tersebut, ternyata jalan tol yang menghubungkan wilayah Bandung, Sumedang, dan Majalengka ini masih memiliki berbagai keunikan dan fakta menarik lainnya yang patut untuk diketahui.

Halaman:

Editor: Tatang Rasyid

Sumber: binamarga.pu.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x