Pengumuman Hasil SNBT UTBK 2024, Cek Hasilnya di Tanggal Ini

- 6 Mei 2024, 14:19 WIB
Ujian SNBT UTBK dilaksanakan dalam dua gelombang dan hasilnya akan diumumkan pada bulan Juni 2024./snpmb.bppp.kemdikbud.go.id
Ujian SNBT UTBK dilaksanakan dalam dua gelombang dan hasilnya akan diumumkan pada bulan Juni 2024./snpmb.bppp.kemdikbud.go.id /

 

GALAMEDIANEWS – Saat ini sedang berlangsung Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) dalam rangka penerimaan mahasiswa baru di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia. Tes yang diselenggarakan menggunakan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) ini hasilnya akan diumumkan di bulan Juni 2024.

Tahun ini, seleksi masuk perguruan tinggi negeri terbagi-bagi menjadi beberapa jalur, dan salah satunya adalah melalui jalur SNBT UTBK 2024. Jalur ini merupakan bagian dari Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) yang dilaksanakan oleh Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BPPP).

Jalur SNBT UTBK acap kali dikenal sebagai jalur tes, bila dibandingkan dengan jalur lain yang juga bagian dari SNPMB BPPP yang menggunakan nilai rapor. Jalur yang menggunakan nilai rapor atau prestasi ini dikenal dengan nama Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP).

Baca Juga: Nimo Jungle Hotspring Pemandian Air Panas Estetik di Tengah Hutan Ciwidey

Jalur SNBP telah selesai dilaksanakan dan hasilnya juga telah diumumkan. Bagi yang telah lolos melalui jalur ini tidak perlu lagi mengikuti jalur tes atau SNBT, dan bagi yang belum lolos maka masih bisa mendapatkan kemungkinan diterima di PTN melalui jalur SNBT.

Pelaksanaan SNBT UTBK

Ujian SNBT UTBK berlangsung dalam dua gelombang. Gelombang pertama dilaksanakan 30 April hingga 7 Mei 2024, dan gelombang kedua dilaksanakan pada 14 hingga 20 Mei 2024.

Pada ujian yang seratus persen menggunakan komputer dan koneksi internet ini, para peserta menghadapi tujuh subtes dalam waktu 195 menit. Setiap subtes memiliki batas waktunya masing-masing yang berbeda-beda.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: SNPMB BPPP


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah