H-4 Ditutup, Segera Buat Akun SNPMB untuk Mendaftar SNBP dan SNBT 2024

- 11 Februari 2024, 10:50 WIB
Tangkapan Layar./Akun Portal SNPMB
Tangkapan Layar./Akun Portal SNPMB /

GALAMEDIANEWS – Siswa yang mau mendaftar SNBP 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi) maupun SNBT 2024 (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) perlu membuat terlebih dahulu akun SNPMB (Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru).

Calon mahasiswa yang ingin kuliah di perguraun tinggi negeri (PTN) bisa segera membuat akun SNPMB karena masa pembuatan akun SNPMB ini akan berakhir pada 15 Februati 2024 mendatang.

Pembuatan akun SNPMB 2024, baik siswa lulusan tahun 2022-2023 (siswa gap year) maupun yang sekarang duduk di kelas 12 perlu membuat akun baru bagi siswa yang belum membuat akun SNPMB, berikut cara buat akun SNPMB untuk daftar SNBP dan SNBT 2024.

Baca Juga: 40 SMK Terakreditasi A di Karawang, Siap Kerja dan Berpeluang Besar Ikut SNBP PTN

Cara Membuat Akun SNPMB untuk Daftar SNBP dan SNBT 2024

  1. Kunjungi lama https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/
  2. Akan muncul tampilan lama registrasi akun, kemudian klik “Daftar”.
  3. Tampil dua pilihan yaitu Siswa dan Sekolah. Jika ingin registrasi akun sebagai siswa, klik “Daftar” pada opsi Siswa. Namun, jika registrasi untuk sekolah klik “Daftar” pada opsi sekolah.
  4. Masukkan data yang diminta oleh sistem untuk mendaftar akun SNPMB:

-  Siswa: Masukkan NISN, NPSN, dan Tanggal lahir

-  Sekolah: Masukkan NPSN dan kode registrasi Dapodik

  1. Klik “Selanjutnya”.
  2. Masukkan email aktif dan password, klik kotak persetujuan, klik “Submit” lakukan aktivasi email. Buka kotak masuk pada email yang didaftarkan pada akun SNPMB, klik “Verifikasi Email”.
  3. Jika sudah berhasil aktivasi akun, berarti akun SNPMB sukses dibuat. Jika ingin melakukan login akunm kembali kunjungi lama https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/, klik “Masuk”.

Kemudian masukkan email dan password yang telah terdaftar sebelumnya. Dalam pembuatan akun SNPMB, calon mahasiswa jangan lupa melakukan tahapan verifikasi dan validasi data, di bawah ada pernyataan (disclaimer) yang menyatakan bahwa data yang diisikan benar, dan bersedia menerima sanksi apabila data yang diisikan salah. Kemudian klik Simpan Permanen.

Jika sudah melakukan Simpan Permanen data, maka data tidak bisa diubah kembali. Silakan unduh bukti permanen dengan mengklik tombol merah. Simpan bukti permanen data di tempat yang aman dan jangan sampai hilang.

Baca Juga: Link Utama dan Mirror Pengumuman UTBK SNBT 2023, SEGERA CEK di SINI

Halaman:

Editor: Feby Syarifah

Sumber: Website Resmi Unimal (Universitas Malikussaleh)


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x