The Crown Tayangkan Episode Kelam Putri Diana, Pakar Istana Peringatkan Raksasa Streaming Netflix

- 16 November 2020, 16:01 WIB
GAYA casual Putri Diana.*
GAYA casual Putri Diana.* /Tiktok.com/@jadeleslie99

GALAMEDIA - Pakar kerajaan ramai-ramai melontarkan kritik pedas atas adegan grafis serial sukses Netflix, The Crown yang terinspirasi lika-liku monarki Inggris.

Mulai tayang pekan ini musim keempat The Crown menggambarkan perjuangan Putri Diana melawan bulimia, menyusul guncangnya pernikahan dengan Pangeran Charles.

Bulimia adalah gangguan makan yang ditandai kecenderungan memuntahkan kembali makanan yang telah dimakan. Bulimia merupakan gangguan mental yang berbahaya dan berpotensi mengancam nyawa.

Baca Juga: Bukan Hanya Bakteri atau Jamur, Ini Penyebab Kemaluan Gatal

Bulimia dianggap sebagai episode kelam sekaligus sensitif bagi keluarga istana, terutama Pangeran Charles serta Pangeran William dan Pangeran Harry.  

Dikutip Galamedia dari DailyMail, Senin (16 November 2020) dalam salah satu adegan The Crown kali ini, Emma Corrin yang memerankan Diana terlihat memasukkan jari ke tenggorokan setelah pertengkaran sengit dengan Pangeran Charles.

Di adegan lainnya, dia memakan makanan penutup sebelum memaksa dirinya untuk memuntahkannya di toilet istana.

Baca Juga: AirAsia Buka Lima Rute Penerbangan Baru, Bandung - Bali Seharga Rp745 Ribu

Beberapa adegan begitu gamblang hingga layar menyertakan peringatan khusus di awal tiga episode yang menggambarkan bulimia Putri Diana.

Penulis biografi kerajaan Ingrid Seward epada Daily Mail mengatakan, “Episode itu merupakan momen signifikan dalam kehidupan muda Diana, jadi sah-sah saja jika digambarkan tapi menurutku tidak butuh detail seperti itu. Kurasa ini berlebihan."

Baca Juga: Beijing Cemaskan Pengangkatan Bos Pentagon Baru, Ingin Cegah Dominasi China di Laut China Selatan

Sementara itu, mantan sekretaris pers Ratu, Dickie Arbiter mengatakan drama tersebut tidak dapat mengabaikan bulimia Diana, tetapi penting bagi pemirsa untuk mengingat bahwa The Crown dibuat dengan naskah fiksi.

Tahun 1991, kepada penulis biografi Andrew Morton, Diana mengatakan, “Bulimiaku dimulai seminggu setelah kami bertunangan.

Saat itu Suamiku melingkarkan tangan di pinggangku dan mengatakan, ‘Oh, agak gemuk di sini..’ Itu memicu sesuatu dalam diriku.”

Diana menambahkan, "Aku ingat pertama kali membuat diriku sakit, aku merasakan sensasi senang."

Baca Juga: Pemilik Bingung, Hobi Makan Sekrup Ayam Ini Tak Pernah Sakit

Minggu lalu pemeran Diana, Corrin mengatakan penggambaran grafis bulimia Diana dimasukkan dalam naskah atas permintaannya.

"Kurasa ika kami mencoba menggambarkan bulimia dengan jujur, kami harus benar-benar menunjukkannya, Jika tidak, itu tidak adil bagi siapa pun yang telah mengalaminya," katanya kepada Radio Times.

Baca Juga: Muhammadiyah : Masyarakat Harus Jadi Aktor Berikan Solusi Saat Covid-19

Sedangkan juru bicara Netflix mengatakan, “Produser Crown bekerja sama dengan BEAT, badan amal kelainan makan untuk memastikan bahwa penggambaran bulimia Putri Diana ini akurat dan ditangani secara sensitif.”

Ia juga menegaskan penonton akan mendapat peringatan di awal episode.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: dailymail


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x