Mengenal Peran dan Tujuan Kebijakan Moneter Dalam Pembangunan Perekonomian Negara

- 11 Juli 2020, 12:15 WIB
/

Kebijakan moneter merupakan salah satu bagian integral dari kebijakan ekonomi makro. Kebijakan moneter ditunjukan untuk mendukung tercapainya sasaran ekonomi makro, yaitu pertumbuhan ekonomi yang tinggi, stabilitas harga, pemerataan pembangunan, dan keseimbangan neraca pembayaran (Iswardono, 1997).

Kebijakan moneter sendiri adalah seperangkat kebijakan ekonomi yang dibuat unttuk mengatur ukuran serta tingkat pertumbuhan pasokan uang didalam perekonomian negara. Menurut dosen mata kuliah Ekonomi Makro Islam STEI SEBI, Rahmat Rizqy Kurniawan SEI, MM, Inti dari kebijakan moneter itu sendiri adalah untuk memelihara dan menstabilitaskan nilai dari mata uang. Maka dari pengertian yang telah diberikan tersebut dapat dijabarkan bahwa kebijakan moneter itu kebijakan yang yang terukur dapat membantu perekonomian dan dilakukan dengan berbagai cara, termasuk penyesuaain suku bunga, mengubah jumlah uang tunai yang beredar dipasar, serta pembelian atau penjualan sekuritas pemerintah.

Baca Juga: Sempat Viral di Medsos Kendaraan VVIP RI 2 Diisi BBM Jeriken di Pinggir Jalan, Ini Penjelasannya

Peran penting dalam kebijakan moneter

Ada 10 peranan penting dalam kebijakan kebijakan moneter untuk pembangunan ekonomi.

  1. Kebijakan menetapkan cash ratio

Kebijakan moneter berperan mengatur persentase cadangan minimum yang ada di bank berdasarkan jumlah uang yang beredar di masyarakat.

  1. Kebijakan suku bunga kredit

Setiap setoran masyarakat yang diberikan perbulan dari kredit tersebut juga ditambahkan bunga yang sudah ditetapkan oleh bank. Jika bank tidak memiliki kebijakan suku bunga maka perekonomian negara tidak stabil.

    3. Kebijakan suku bunga deposito

Peranannya sana dengan kebijakan suka bunga kredit. Apabila pemerintah menginginkan peredaran uangnya bertambah, maka suku bunga di naikan. Dan sebaliknya.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Beda Pendapat

23 Juli 2020, 13:56 WIB

Menyiasati Sengketa Antar Notaris

15 Juli 2020, 19:50 WIB

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X