Film Tentang Ki Hadjar Dewantara, Mengangkat Kisah Hidup Pahlawan Pendidikan

- 7 Mei 2024, 11:35 WIB
Sutradara Gina S. Noer (kanan) dan Direktur Utama Wahana Kreator Salman Aristo (kiri) saat menghadiri Exclusive Media Gathering Film Project Announcement “KHD” di Gedung Kemendikbud Ristek/ANTARA/Putri Hanifa/
Sutradara Gina S. Noer (kanan) dan Direktur Utama Wahana Kreator Salman Aristo (kiri) saat menghadiri Exclusive Media Gathering Film Project Announcement “KHD” di Gedung Kemendikbud Ristek/ANTARA/Putri Hanifa/ /

GALAMEDIANEWS – Film tentang pendidikan kembali akan diangkat ke layar lebar.Sosok yang akan dihadirkan adalah seorang Ki Hadjar Dewantara.

Wahana Kreator mengumumkan awal pembuatan film "KHD" yang mengangkat kisah hidup pahlawan pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang disutradarai dan ditulis oleh Gina S. Noer dan Maudy Ayunda sebagai salah satu produser yang ikut terlibat.

"Inisiatif film "KHD" berawal dari rasa penasaran mengapa hari kelahiran Ki Hadjar Dewantara selalu dirayakan sebagai Hari Pendidikan Nasional tetapi akses merata dan kualitas pendidikan yang memberdayakan belum jadi prioritas bersama semua orang? Jadi, saya berharap semoga semua proses film "KHD" bisa menjadi wadah "belajar bareng" lebih dalam lagi tentang akar filosofi pendidikan beliau untuk menumbuhkan harkat manusia," ujar Gina menjelaskan lebih lanjut.

Gina menambahkan jika film “KHD” akan menampilkan kisah hidup Pahlawan Pendidikan Indonesia Ki Hadjar Dewantara dalam memperjuangkan pendidikan di Indonesia dengan menyelipkan kisah-kisah kehidupannya.

Produksi film KHD telah memasuki tahap riset, pengembangan cerita, dan penulisan naskah pada tahun 2024, proses syutingnya akan dimulai pada tahun 2025. Dirilis pada Hari Pendidikan Nasional 2026.

Baca Juga: Film Horor Possession: Kerasukan, Menampilkan Misteri dan Teror Yang Mencekam!

Direktur Utama Wahana Kreator Salman Aristo mengatakan Film "KHD" adalah sebuah perayaan akan kehidupan dan warisan pendidikan Ki Hadjar Dewantara.

“Kami berharap film ini tidak hanya menghibur, tetapi juga menginspirasi dan memberikan refleksi yang mendalam tentang pendidikan yang merdeka dan relevan bagi masa depan bangsa. Kami mengundang rekan-rekan yang juga peduli terhadap pendidikan Indonesia untuk bergabung bersama kami lewat dukungan dalam bentuk apapun untuk mewujudkan misi baik ini,” ujar Salman.

Kehadiran film ini nantinya menjadi pencerahan di perfilman Indonesia di tengah gempuran film yang bergenre horor saat ini. ***

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Antaranews


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah