8 Peristiwa Bersejarah yang Terjadi di Bulan Maret, Ada Supersemar dan Bandung Lautan Api

- 1 Maret 2021, 13:45 WIB
bandung lautan api
bandung lautan api /kronologi.id/


GALAMEDIA - Banyak persitiwa sejarah terjadi di Bulan Maret. Selain untuk dikenang, sejarah juga dapat dijadikan sebagai pendorong semangat untuk melakukan pembangunan. Dan bangsa yang besar adalah bangsa yang tidak melupakan sejarah.

Lalu peristiwa dan sejarah apa saja yang terjadi bulan Maret?

1 . 1 Maret, TNI Melakukan Serangan Umum
Pada tanggal 1 Maret, terjadi Serangan Umum 1 Maret 1949 ke Yogyakarta. Kedaulatan Indonesia yang baru seumur jagung itu sempat diganggu oleh Agresi Militer II Belanda sampai-sampai jantung ibukota Indonesia saat itu, Yogyakarta, berhasil mereka duduki.

Para pemimpin negara juga sempat ditangkap dan diasingkan, termasuk Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Moh. Hatta.

Baca Juga: Wajib Tau! Ini 7 Tanda Kamu Sedang Lelah secara Mental, Diantaranya Hilang Motivasi dan Gampang Tersinggung

2. 6 Maret, Hari Komando Strategis Angkatan Darat (Kostrad)
Pada 6 Maret 1985 diterbitkan Surat Keputusan Pangab Nomor: Kep/09/III/1985 tentang Pokok-Pokok Organisasi dan tugas Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad), diatur bahwa Kostrad sebagai Komando Utama.

Pembinaan berkedudukan langsung di bawah Kasad, sedangkan sebagai Komando Utama Operasional Kostrad berkedudukan langsung di bawah Panglima TNI.

TNI Indonesia dikenal sebagai pasukan yang paling disegani dan ditakuti dunia. Beberapa negara menyebut TNI merupakan pasukan yang menakutkan dengan kemampuan perang yang handal dan misterius. Wah, semoga selalu berjaya!

3. 9 Maret, Hari Musik Nasional
9 Maret ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional, selain ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional tanggal 9 maret juga bertepatan dengan hari lahir komponis besar Indonesia Wage Rudolf Supratman. W.R. Supratman lahir pada 9 Maret 1903 di Purworejo, Jawa Tengah.

W.R. Supratman merupakan seorang guru, wartawan, pengarang dan komponis. Namun karena pencapaian besarnya menciptakan lagu Indonesia Raya pada tahun 1924 dimana Ia masih berusia 21 tahun, ia menjadi Pahlawan Nasional. Ia juga sangat berbakat bermain biola.

Baca Juga: Indonesia harus Tembus di 10 Besar Olimpiade 2032, Menpora: Target Harus Realistis

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X