Nabi Ini Diperintah Allah SWT untuk Memakan Bukit, Begini Kisahnya

- 12 Juli 2020, 04:05 WIB
Ilustrasi. /

GALAMEDIA - Tak semua orang Islam mengetahui Nabi Khidir AS. Soalnya, Nabi yang satu ini memang tak termasuk 25 nabi dan rasul yang wajib diketahui.

Namun ternyata nabi yang satu ini memiliki kisah populer semasa hidupnya. Beliau bahkan diabadikan dalam jurnal 1001 kisah teladan Muslim.

Dalam kisah tersebut  Nabi Khidir AS menceritakan bahwa beliau mendapatkan lima perintah dari Allah SWT ketika tidur. Lima perintah tersebut bukanlah perintah sembarangan dan tentu saja harus dilaksanakan.

Baca Juga: Luar Biasa, Bocah Berusia 11 Tahun Taklukkan Puncak Gunung Paling Berbahaya dan 'Mematikan'

Ketika dalam keadaan tidur, Nabi Khidir AS bermimpi Allah Ta’ala memerintahkannya untuk berjalan ke arah barat. Tidak cukup sampai di sana, Allah juga memerintahkan beliau untuk melakukan lima hal terkait peristiwa yang akan ditemui sepanjang perjalanan. Perintah tersebut berbunyi:

“Pertama, makanlah apa yang engkau lihat (hadapi). Kedua, sembunyikan apa yang engkau temukan. Ketiga, terimalah apa yang datang kepadamu. Keempat, jangan kecewakan yang datang kepadamu. Kelima, larilah engkau dari apa yang ditemui.”

Karena itu merupakan perintah langsung dari Allah, maka keesokan harinya Nabi Khidir AS melaksanakannya. Ia kemudian berjalan ke arah barat. Dalam perjalanannya yang cukup panjang tersebut, Nabi Khidir AS bertemu dengan sebuah bukit.

Namun, ia kemudian merasa bingung karena perintah pertama dari Allah adalah “Makanlah apa yang engkau temui.” Akhirnya beliau berkata “Aku,” ujar Nabi Khidir ‘Alaihis salam, “diperintahkan untuk memakan apa yang aku temui, tapi ini sungguh mustahil (memakan bukit).”

Baca Juga: 500 Orang Swab Test di Balai Kota, Beberapa di Antaranya Warga Sekitar Secapa AD

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Komentar

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X