Terima 15 Juta Dosis Bahan Baku Vaksin Covid-19, Bio Farma Siap Produksi Cov2Bio dan Covid-19

- 13 Januari 2021, 11:28 WIB
Vaksin Corona Sinovac setibanya di Kantor Pusat Bio Farma.
Vaksin Corona Sinovac setibanya di Kantor Pusat Bio Farma. /ANTARA FOTO/MUKHLIS JR


GALAMEDIA - Sebanyak 15 juta dosis bahan baku (bulk) vaksin Covid-19 dari Sinovac, China, yang dibawa menggunakan sembilan envirotainer sudah tiba di PT Bio Farma (Persero). Sebelumnya, Bio Farma (peemrintah Indonesia) telah menerima produk jadi vaksin Covid-19 sebanyak 3 juta dosis pada akhir Desember 2020.

Juru Bicara Bio Farma, sekaligus Sekretaris Perusahaan, Bambang Heriyanto, Rabu 13 Januari 2021, mengatakan bahan baku yang diterima oleh Bio Farma ini kemudian akan diolah menjadi produk akhir berupa vaksin Covid-19 dengan nama Cov2Bio dan Covid-19.

Adapun bahan baku ini akan diolah di fasilitas fill and finish yang berada di Bio Farma.

Baca Juga: Ini Arti Efikasi Vaksin 65,3 Persen Menurut Tinjauan Ahli Bidang Farmasi

Sebelum bahan baku ini diolah, dari bahan baku ini tetap akan dilakukan serangkaian quality control, baik yang dilakukan oleh Bio Farma maupun oleh Badan POM.

Hal itu dilakukan untuk memastikan bahan baku yang dikirim dari Sinovac ini masih terjaga kualitasnya, dan sesuai dengan standar yang berlaku, sehingga bisa diteruskan menjadi produk jadi (finished product).

Bambang Heriyanto mengatakan, kedatangan vaksin Covid-19 dari Sinovac pada tanggal 12 Januari 2021 ini memiliki bentuk yang berbeda dengan kedatangan sebelumnya pada akhir Desember lalu yakni dalam bentuk produk jadi siap pakai dosis tunggal.

Baca Juga: Raffi Ahmad Acungkan Jempol saat Disuntik Vaksin Covid-19 di Istana Kepresidenan

"Bentuk vaksin Covid-19 yang diterima oleh Bio Farma pada hari ini, masih dalam bentuk bulk, untuk selanjutnya akan diolah di fasilitas fill and finish milik Bio Farma untuk menjadi Finish Product kemasan multi dose 10 dosis per vial untuk penggunaan 10 penerima vaksin," ujar Bambang.

Bambang melanjutkan pembelian bahan baku dari Sinovac merupakan bagian dari kerja sama alih teknologi dari Sinovac ke Bio Farma, terutama dalam hal fill and finish product Covid-19 dan juga proses dari Quality Control.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x