Kabar Gembira, Sisa Subsidi Upah Gelombang Dua akan Disalurkan Bulan Ini

- 18 Januari 2021, 20:13 WIB
Ilustrasi sisa subsidi upah gelombang dua akan disalurkan bulan ini.
Ilustrasi sisa subsidi upah gelombang dua akan disalurkan bulan ini. /Unsplash/Mufid Majnun/.*/Unsplash/Mufid Majnun

GALAMEDIA - Penerima bantuan subsidi upah (BSU) gelombang I yang belum mendapatkan subsidi upah di gelombang II, diusahakan bisa mendapatkannya pada Januari 2021 ini.

Hal ini dikatakan Menteri Ketenagakerjaan (Menaker), Ida Fauziyah, saat menjawab pertanyaan dalam Rapat Kerja Komisi IX DPR RI tentang perbedaan jumlah yang tersalurkan, dengan gelombang I untuk Agustus-September 2020 disalurkan kepada 12.293.134 orang sementara gelombang II untuk November-Desember 2020 disalurkan kepada 12.244.169 orang.

"Uang dikembalikan dulu, setelah kami lakukan rekonsiliasi data dengan bank penyalur maka kami akan meminta kembali kepada perbendaharaan negara agar yang sudah benar datanya itu untuk disalurkan kembali," katanya, Senin 18 Januari 2021.

Baca Juga: AHY Putra SBY Tiba-tiba Temui Calon Kapolri Komjen Listyo Sigit Prabowo: Justice For All !

Menurutnya, alasan terdapatnya perbedaan angka penyaluran gelombang I dan II itu adalah ketika dalam penyaluran gelombang II Kementerian Ketenagakerjaan mendapatkan bantuan dari Ditjen Pajak Kementerian Keuangan, atas rekomendasi KPK, untuk menyamakan data dengan yang diserahkan BPJS Ketenagakerjaan.

Namun, terdapat perbedaan definisi gaji atau upah yang digunakan BPJS Ketenagakerjaan dengan penghasilan yang menjadi dasar data Ditjen Pajak.

Akhirnya, setelah berdiskusi panjang dengan KPK maka diputuskan gelombang II akan disalurkan kembali kepada 1,1 juta orang yang penghasilannya di atas Rp5 juta.

Baca Juga: Para Begal di Kota Bandung Ini Tidak Segan Lukai Korbannya Jika Melawan

"Ini yang kemudian ada waktu bagi kami setelah ada dipadankan dan ketemu angka 1,1 juta, akhirnya waktunya pendek sementara kita punya keterbatasan waktu sampai 31 Desember," kata Ida.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x