PVMBG : Gunung Merapi dan Sinabung siaga, Anak Krakatau dan Semeru Level Waspada

- 22 Januari 2021, 11:25 WIB
Gunung Merapi Kembali Mengeluarkan Awan Panas, Jarak Luncur 1000 Kilometer. /ANTARA/Andreas Fitri Atmoko

GALAMEDIA - Sejumlah gunung api di Indonesia dinaikan status risiko erupsi oleh Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Gunung Merapi dan Sinabung berstatus siaga, Anak Krakatau dan Semeru naik jadi level waspada.

Laporan tersebut diambil pada hari Jumat 22 Januari 2021, dari laman magma esdm.go.id.

Merapi, Yogyakarta
Berdasarkan pantauan, gunung terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III. Asap kawah tidak teramati. Cuaca berawan hingga hujan, angin lemah hingga sedang ke arah timur, selatan dan barat.

Tak hanya itu, aktivitas di Gunung Merapi menyebabkan 135 kali gempa. Lebih rinci, 1 kali gempa awan panas guguran, 120 kali gempa guguran, 13 kali gempa hybrid dan 1 kali gempa tektonik jauh.

"Potensi bahaya saat ini berupa guguran lava dan awan panas pada sektor selatan-barat daya meliputi sungai Boyong, Bedog, Krasak, Bebeng, dan Putih sejauh maksimal 5 km. Bila terjadi letusan eksplosif, lontaran material vulkanik dapat menjangkau radius 3 km dari puncak" dikutip dari magma.esdm.go.id.

Baca Juga: Aksi Teatrikal Suarez Berbuah Penalti, Bawa Atletico Madrid Makin Kokoh di Puncak Klasemen

Sinabung, Sumatera Utara
Gunung api yang berada di Dataran Tinggi Karo ini memasuki status level III (siaga). Gunung api terlihat jelas hingga tertutup Kabut 0-III.

Teramati asap kawah utama berwarna putih dengan intensitas tebal tinggi sekitar 300 meter dari puncak. Cuaca cerah hingga mendung, angin lemah hingga sedang ke arah timur dan tenggara.

Sinabung mengalami 2 kali gempa erupsi. Selain itu, terjadi pula gempa-gempa lain yaitu 61 kali gempa guguran, 18 kali gempa hembusan, 8 kali gempa frekuensi rendah, 9 kali gempa hybrid, 1 kali gempa tektonik jauh dan 3 kali gempa tek tonik lokal. Dengan demikian, total gunung api ini mengalami gempa sebanyak 112 kali.

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

X