Berkaca Erupsi Sinabung, Waspadai Gunung Manglayang, Ini Tanda Alam Gunung Berapi akan Erupsi

- 19 Januari 2021, 10:24 WIB
Erupsi Gunung Sinabung yang terekam kamera Pengamatan Gunungapi Sinabung Badan Geologi dan PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, pada Sabtu, 8 Agustus 2020. (Antara/Ist)
Erupsi Gunung Sinabung yang terekam kamera Pengamatan Gunungapi Sinabung Badan Geologi dan PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Sinabung, pada Sabtu, 8 Agustus 2020. (Antara/Ist) /


GALAMEDIA - Tiga gunung berapi di Indonesia mengalami erupsi dalam sepekan terakhir ini. Ini menunjukkan sebagai negara yang masuk di kawasan Cincin Api Pasifik, Indonesia tetap harus siaga menghadapi ancaman erupsi gunung berapi.

Peneliti kebencanaan Universitas Padjadjaran Dr. Dicky Muslim, M.Sc., menjelaskan, ada beberapa tanda alam yang bisa dirasakan saat gunung akan meletus. “Tanda alam pasti ada, tapi apakah kita waspada atau tidak,” kata Dicky dalam siaran tertulisnya Selasa, 19 Januari 2021.

Dosen Fakultas Teknik Geologi Unpad ini menjelaskan, tanda alam yang bisa dirasakan salah satunya adalah terjadi gempa tremor. Gempa tremor terjadi akibat adanya pergerakan magma ke permukaan bumi.

Baca Juga: Korban Longsor Cimanggung Sumedang Sudah Ditemukan Semua, Pencarian Ditutup

Selain itu, gejala yang bisa dirasakan lainnya adalah suara yang bergemuruh, hawa yang berubah menjadi panas, sejumlah mata air yang menjadi panas, adanya guguran kaldera di bagian atas, hingga tanda-tanda biologi seperti keluarnya sejumlah binatang dari hutan gunung.

Jika ada tanda-tanda seperti ini, masyarakat diimbau untuk waspada dan segera mencari lokasi yang aman. “Masyarakat harus segera lari, tidak ada jalan lain untuk mengurangi risiko,” kata Dicky.

Ada tiga tipe gunung berapi di Indonesia berdasarkan klasfikasi dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM RI.

Baca Juga: Setelah Kalsel, Presiden Jokowi Tinjau Lokasi Gempa di Sulawesi Barat

Gunung Api tipe A merupakan gunung api yang memiliki catatan sejarah letusan sejak tahun 1600. Sebanyak 77 gunung di Indonesia termasuk ke dalam gunung api tipe A.

Selanjutnya, gunung api tipe B merupakan gunung api yang memiliki catatan sejarah letusan sebelum tahun 1600. Sebanyak 29 gunung Indonesia termasuk ke dalam gunung tipe ini.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x