Lagi, Karhutla Riau, Luas Lahan Terbakar 4 Hektare, Puluhan Bom Air dari Helikopter Dijatuhkan

- 24 Februari 2021, 09:25 WIB
Ilustrasi kebakaran hutan.
Ilustrasi kebakaran hutan. /Pexels/Vladyslav Dukhin


GALAMEDIA – Meski banyak sebagian wilayah di tanah air yang sedang dilanda hujan dan banjir, namun di Kabupaten Siak, Riau, malah terjadi kebakaran hutan di areal lahan gambut.

Kepala Daerah Operasional Siak Manggala Agni Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Ihsan Abdillah menyampaikan keterangan soal karhutla tersebut.

Ia menjelaskan beberapa institusi sedang bekerja sama untuk memadamkan api di area lahan gambut. “Semua tim darat dari berbagai instansi bahu membahu memadamkan api,” tutur Ihsan, 23 Februari 2021, dilansir Antara.

Baca Juga: Dinilai Hanya Pencitraan, Politikus PDIP Ini Minta Masyarakat Tenggelamkan Anies Baswedan Ngeri! Ada Apa?

Namun upaya dari tim darat tersebut masih belum cukup karena kondisi lahan gambut yang kering sehingga memerlukan bantuan pemadaman dari udara. “Pihak swasta mengerahkan helikopter untuk membantu kami dari sisi udara,” ujar Ihsan Abdillah di Siak.

Luas area lahan yang terbakar sebanyak empat hektare semak belukar di Kampung Bunsur, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak. Pihak swasta mengerahkan helikopter yang membawa bom air untuk dijatuhkan di area lahan terbakar.

Helikopter tersebut telah menjatuhkan puluhan kali bom air, sehingga permukaan api yang menyala di lahan gambut mulai padam. Selain itu, tim gabungan darat pemadam kebakaran berusaha untuk menyekat lokasi agar api tidak menjalar.

Baca Juga: Juara Bertahan Hantam Lazio 4-1 di Leg Pertama Babak 16 Besar Liga Champions

Beberapa pihak yang terlibat dalam pemadaman karhutla di antaranya Damkar BPBD Siak, TNI-Polri, Masyarakat Peduli Api (MPA), dan Regu Pemadam Kebakaran (RPK).

Menurut Ihsan, seluruh tim menghadapi kendala saat melakukan pemadaman karena arah angina terus berubah-ubah di lahan terbakar. “Lahannya juga bergambut, jadi kita harus ekstra tenaga untuk melakukan pemadaman,” katanya.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x