Usai Gempa Berkekuatan 7,2 Disertai Tsunami di Jepang, Maluku Utara Diguncang Magnitudo 5,3

- 20 Maret 2021, 23:21 WIB
Gempa bumi.
Gempa bumi. /BMKG/



GALAMEDIA - Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,3 mengguncang wilayah Ternate, Maluku Utara, Sabtu malam, 20 Maret 2021, sekitar pulul 22.02 WIB.

Sejauh ini belum ada laporan tentang dampak gempa yang terjadi pada hiposentrum 11 kilometer di bawah permukaan bumi itu.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan episentrum gempa itu berada sekitar 55 kilometer barat laut Ternate. Gncangan gempa itu dirasakan skala MMI III di Ternate.

Baca Juga: 'KPK Usut Tuntas Ibas' Tiba-tiba Heboh Malam Ini, Serangan Buzzer?

Skala MMI III digambarkan getarannya dirasakan beberapa orang, seakan ada truk berlalu, benda-benda ringan yang digantung bergoyang

Sekitar tujuh jam sebelumnya, gempa dengan magnitudo 5,0 telah mengguncang wilayah Kabupaten Maluku Tenggara Barat, Maluku.

Gempa yang terjadi sekitar pukul 15:26WIB itu berpusat sekitar 240 kilometer Barat Laut Maluku Tenggara Barat pada kedalaman 16 kilometer.

Baca Juga: Ferdinand Hutahaean 'Ganggu' Anies Baswedan Doakan Ibunya UlangTahun, Netizen Muak Berat: Benci Boleh Tapi ...

Sementara itu di Jepang Gelombang tsunami setinggi hingga 1 meter menghantam sebagian pantai, Sabtu, 20 Maret 2021, usai terjadi gempa bumi Magnitudo (M) 7,2 di dekat Prefektur Miyagi.

Sebelumnya, pihak berwenang mengeluarkan peringatan tsunami untuk Jepang setelah gempa bumi berkekuatan 7,2 di lepas pantai prefektur Miyagi.

Badan Meteorologi Jepang (JMA) menyebutkan gempa terjadi pada Sabtu, 20 Maret 2021, sekitar pukul 18.09 waktu setempat pada kedalaman 60 kilometer (37 mil) di perairan Pasifik di lepas pantai wilayah Miyagi.

Baca Juga: Melihat Sejarah Presiden Soekarno, Refly Harun Tak Yakin Jokowi Tolak Tiga Periode

Getaran gempa juga terasa di ibu kota Jepang, Tokyo.

Sebuah video yang dibagikan oleh NHK menunjukkan bagaimana gempa tersebut dirasakan di kota Sendai di prefektur Miyagi.

Akibatnya gelombang tsunami pertama hingga satu meter menghantam daratan tak lama setelah gempa bumi, demikian saluran televisi lokal NHK melaporkan, Sabtu ini.

Baca Juga: Gempa Berkekuatan Magnitudo 7,2 Disertai Tsunami di Jepang Berdampak ke Indonesia? Begini Penjelasan BMKG

Belum ada laporan mengenai korban maupun kerusakan akibat gempa dan tsunami ini.

Konsulat Amerika Serikat di Sapporo mengeluarkan seruan kepada orang-orang di daerah itu untuk "mencari tempat yang lebih tinggi."***

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x