Tsunami Akibat Gempa di Jepang Menghantam Prefektur Miyagi

- 20 Maret 2021, 18:05 WIB
Ilustrasi tsunami.
Ilustrasi tsunami. /Pexels.com/George Desipris/

GALAMEDIA - Badan Meteorologi Jepang (JMA) mengeluarkan peringatan tsunami setinggi satu meter pasca-gempa dengan Magnitudo 7,2 yang mengguncang pantai timur laut Jepang.

Tsunami tersebut menghantam pantai Prefektur Miyagi pada pukul 18:26 (0926 GMT) dan memiliki gempa tersebut kekuatan 7,2 pada kedalaman 60 km (37 mil), ujar NHK seperti dikutip Galamedia dari Daily Express.

Baca Juga: Partai Demokrat Dorong Ruhut Sitompul Jabat Direksi PT PLN, Andi Arief: Bagian Megangin Setrum

Tohoku Electric Power telah menghentikan kegiatan pembangkit nuklir di Onagawa dan sedang memeriksa jika terjadi kesalahan dalam pembangkit Nuklir Onagawa.

Selain itu, Tokyo Electric Power mengatakan sedang memeriksa kondisi pembangkit listrik Fukushima Dai-Ichi yang rusak akibat gempa besar Maret 2011 lalu, yang menyebabkan krisis nuklir dan evakuasi massal pada saat itu.

NHK kemudian menunjukkan rekaman dari dalam biro Sendai yang menunjukkan sebuah plakat yang digantung di langit-langit bergetar selama sekitar 30 detik setelah gempa.

Tetapi setelah gempa terjadi, pihak biro Sendai tidak melaporkan adanya barang jatuh dari rak atau kerusakan langsung yang disebabkan oleh Gempa.

Baca Juga: Persidangan Habib Rizieq Shihab Dinilai akAdil, Natalius Pigai: Pantaskah Hakim Disebut Yang Mulia

Gempa bisa dirasakan di Tokyo sekitar 400 km selatan pusat gempa. Oleh karena itu, NHK memperingatkan masyarakat agar tidak mendekati pantai.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x