Netanyahu Bersumpah Bakal Menang Usai Serangan Iran, Khawatir Konflik Meningkat Lebih Luas

- 14 April 2024, 15:46 WIB
Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu
Perdana Menteri (PM) Israel, Benjamin Netanyahu /Instagram @pikiranrakyat

GALAMEDIANEWS - Komandan tertinggi Iran memperingatkan Israel pada hari Minggu 14 April 2024 bahwa negara tersebut akan menghadapi serangan yang lebih besar jika membalas serangan pesawat tak berawak dan rudal dalam semalam, seraya menambahkan bahwa Washington telah diberitahu untuk tidak mendukung tindakan militer apa pun dari sekutunya.

"Tanggapan kami akan jauh lebih besar daripada aksi militer malam ini jika Israel membalas Iran," kata Kepala Staf Angkatan Bersenjata Iran Mayor Jenderal Mohammad Bagheri kepada TV pemerintah, seraya menambahkan bahwa Teheran memperingatkan Washington bahwa dukungan apa pun terhadap pembalasan Israel akan menyebabkan pangkalan-pangkalan AS menjadi sasaran.

Komandan Korps Garda Revolusi Islam, Hossein Salami, juga memperingatkan bahwa Teheran akan membalas setiap serangan Israel terhadap kepentingan, pejabat, atau warganya.

Israel melaporkan kerusakan ringan dan membuka kembali wilayah udaranya setelah Iran melancarkan serangan langsung yang belum pernah terjadi sebelumnya ke wilayah Israel, sementara Amerika Serikat mengatakan akan membahas tanggapan diplomatik dengan negara-negara besar pada hari Minggu.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu bersumpah bahwa negaranya akan meraih kemenangan setelah militernya mengatakan bahwa mereka menembak jatuh hampir semua dari lebih dari 300 pesawat tak berawak dan rudal yang diluncurkan oleh Iran dalam sebuah eskalasi konflik Timur Tengah yang tajam.

Serangan Teheran pada hari Sabtu, yang diluncurkan setelah serangan udara yang dicurigai dilakukan Israel terhadap kompleks kedutaannya di Damaskus pada tanggal 1 April yang menewaskan para perwira Korps Garda Revolusi Islam, meningkatkan ancaman konflik regional yang lebih luas.

Baca Juga: REAKSI Sejumlah Negara Atas Serangan Iran ke Israel, Perang Dunia Ketiga Bakal Terjadi?

Iran telah mengandalkan proksi-proksi di seluruh kawasan untuk menyerang target-target Israel dan AS sebagai bentuk dukungan kepada kelompok militan Palestina Hamas dalam perang Gaza dengan Israel, yang tidak menunjukkan tanda-tanda akan mereda meskipun telah dilakukan berbagai upaya mediasi.

"Kami mencegat, kami memukul mundur, bersama-sama kami akan menang," Netanyahu memposting di X.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x