Mengenal Tingkatan Gelar Catur Profesional seperti WGM Irene, Simak Penjelasan, Syarat, dan Cara Meraihnya

- 22 Maret 2021, 21:47 WIB
Woman Grandmaster Irene Sukandar.
Woman Grandmaster Irene Sukandar. /instagram / @irene_sukandar/

GALAMEDIA - Belakangan ini catur ramai diperbincangkan diberbagai kalangan, sehingga catur menjadi terangkat kembali popularitasnya di Indonesia.

Hal tersebut didorong karena sebuah film The Queen of Gambit yang menceritakan tentang catur sedang populer, sehingga mempengaruhi popularitas catur di Indonesia.

Di samping itu, isu mengenai konflik seorang pecatur profesional dengan pecatur online, yakni Woman Grand Master (WGM) Irene Sukandar vs Dewa Kipas Dadang Subur, juga mempengaruhi kepopularitasan catur di Indonesia.

Seiring dengan konflik tersebut, banyak masyarakat yang bertanya-tanya mengenai gelar catur seperti yang diemban oleh WGM Irene Sukandar. Lantas apa saja gelar yang ada dalam dunia catur?

Baca Juga: Teh Ineu Ajak Generasi Muda Tak Ragu Masuk Dunia Politik

Baca Juga: Mensos Risma: Saya Masih Percaya Perpustakaan Bisa Mengubah Hidup Seseorang

Sebelum mengenal gelar catur profesional yang ada di dunia, perlu diketahui juga mengenai Fédération Internationale des Échecs (FIDE).

FIDE atau dalam Bahasa Indonesia dikenal dengan Federasi Catur Dunia, merupakan organisasi internasional yang mewadahi berbagai federasi catur nasional negara-negara di dunia.

Didirikan di Paris Prancis pada 24 Juli 1924, FIDE merupakan oraganisasi yang berhak untuk memberikan gelar kepada para pecatur profesional.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x