16 April HUT ke-69 Kopassus, Berikut Sejarah Kopassus yang Gerakannya Disorot Dunia!

- 16 April 2021, 07:02 WIB
Detasemen Kawal Khusus Kementerian RI melakukan latihan menembak dan koreksi senjata yang dilaksanakan di Pusat Pendidikan dan Latihan Kopassus, Batujajar dimulai dari tanggal 27 Januari 2021
Detasemen Kawal Khusus Kementerian RI melakukan latihan menembak dan koreksi senjata yang dilaksanakan di Pusat Pendidikan dan Latihan Kopassus, Batujajar dimulai dari tanggal 27 Januari 2021 /Humas Pindad/

 

 

GALAMEDIA – Hari ini, 16 April merupakan hari ulang tahun Komando Pasukan Khusus (Kopassus) yang ke-69 tahun. Dalam perjalanannya, Korps Baret Merah ini mencatatkan sejarah panjang sejak pembentukannya pada tahun 1952.

Kopassus merupakan bagian dari Komando Utama (KOTAMA) tempur yang dimiliki oleh TNI Angkatan Darat. Dikutip melalui berbagai sumber, berikut sejarah lahirnya Kopassus di Indonesia.

Sejarah kelahiran Kopassus sebagai satuan tidak terlepas dari rangkaian bersejarah dalam kehidupan bangsa Indonesia. Pada Juli 1950, timbul pemberontakan di wilayah Maluku oleh kelompok yang menamakan dirinya RMS (Republik Maluku Selatan).

Baca Juga: Gol Cepat Cavani dan Gol Bunuh Diri Vallejo Bawa MU Akan Hadapi AS Roma di Semifinal

Pimpinan Angkatan Perang RI saat itu segera mengerahkan pasukan untuk menumpas gerombolan tersebut. Operasi ini dipimpin langsung oleh Panglima Tentara Teritorium III Kolonel AE Kawilarang, sedangkan sebagai Komandan Operasinya ditunjuk Letkol Slamet Riyadi.

Operasi ini memang berhasil menumpas gerakan pemberontakan. Sayangnya walaupun berhasil ternyata banyak korban berjatuhan dari pihak TNI saat melakukan operasi pemberantasan ini.

Setelah dikaji, ternyata dalam beberapa pertempuran, musuh dengan kekuatan yang relatif lebih kecil sering kali mampu menggagalkan serangan TNI yang kekuatannya jauh lebih besar.

Baca Juga: Siklon Surigae Mulai Menjauhi Indonesia, BMKG Tetap Keluarkan Peringatan Ini

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x