BPR Kuningan Optimis Melanjutkan Program Bersama Koperasi Peternak ICB

- 23 April 2021, 13:38 WIB
  Panen Perdana Peternak Binaan Koperasi Peternak ICB Kabupaten Bangkalan (21/4/2021)
  Panen Perdana Peternak Binaan Koperasi Peternak ICB Kabupaten Bangkalan (21/4/2021) /Tangkap layar whatsapp


GALAMEDIA - Koperasi Peternak Indonesia Cita Berdikari (KP-ICB) terus bersinergi dengan para peternak di berbagai daerah demi mewujudkan kesejahteraan peternak.

Ketua Koperasi Peternak ICB, Harun Alrasyid menyatakan prestasi ekspor domba ke luar negeri oleh Koperasi Peternak ICB, merupakan kebanggaan tersendiri karena peternak lokal mampu menembus pasar internasional.

“Bahkan, sudah ada beberapa permintaan dari negara di Timur Tengah”, ucap Harun panen perdana peternak binaan Koperasi Peternak ICB di Kabupaten Bangkalan pada hari Rabu, 21 April 2021 lalu.

“Kami juga pada tanggal 20-21 April ini mengadakan program penggemukan domba di Kabupaten Lahat  bekerjasama dengan Pemda setempat dan Bank Sumsel Babel Cabang Lahat”, tambahnya.

Baca Juga: Warga Negara Indonesia Lolos dari Hukuman Mati Tapi Dihukum Seumur Hidup di Singapura
 
Harun sangat menginginkan peternak Jawa Barat bisa menjadi peternak terdepan. Oleh karenanya, Koperasi Peternak ICB telah memiliki binaan di Jawa Barat.

“Kami sudah sejak lama mengadakan sosialisasi untuk para peternak di Garut dan Kuningan, kemudian di akhir bulan ini akan dimulai penjajakan pendanaan untuk program penggemukan domba di Indramayu, bekerjasama dengan BJB Cabang Indramayu”, ungkap pria asal Tasikmalaya, Jawa Barat ini.
 
Khusus untuk di Kabupaten Kuningan, program ini sudah berjalan pada tahun 2020. Selama berjalannya program, para peternak juga sempat terdampak pandemi Covid-19 yang membuat pengiriman ternak dan pakan tertahan, karena beberapa daerah sedang mengalami lockdown (PSBB).

Baca Juga: Ngabalin Sebut Waketum MUI Punya Cara Pikir Otak Sungsang, Aktivis Ekonomi: Tak Pantas Berkata Itu!

"Namun pada tanggal 4 Februari 2021 lalu, telah diadakan pertemuan antara Perumda Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Kuningan dengan Koperasi Peternak ICB (KP-ICB) untuk menindaklanjuti program pemberdayaan peternak lokal di Kuningan. Dari BPR hadir Direktur Utama BPR yaitu Dodo Warda, didampingi Henda dan jajaran BPR lainnya. Kemudian KP-ICB diwakili Husnul dan Aan," jelasnya.
 
Pertemuan tersebut kata dia, mencoba mencari solusi terkait mortalitas domba yang sudah dikirim. Kedua pihak melihat bahwa kendala tersebut adalah resiko bisnis, namun tentunya solusi terbaik harus dihadirkan.

Salah satu solusi yang disepakati adalah melakukan pengiriman ternak untuk daerah yang belum dikirim sama sekali. Selain itu, investigasi mortalitas atau kematian ternak akan dilakukan dengan segera, agar terhitung dan terdata secara rinci.

Baca Juga: Tim Gabungan Dishub, Polres dan Satpol PP Tertibkan Terminal Bayangan di Kabupaten Ciamis

Halaman:

Editor: Kiki Kurnia


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x