Update Terkini: KRI Nanggala 402 Ditemukan, Begini Kondisi 53 Kru-nya

- 24 April 2021, 18:50 WIB
Kepingan dan barang-barang dari KRI Nanggala 402 yang berhasil ditemukan oleh Tim SAR. proses pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 menemui titik terang.
Kepingan dan barang-barang dari KRI Nanggala 402 yang berhasil ditemukan oleh Tim SAR. proses pencarian kapal selam KRI Nanggala 402 menemui titik terang. /Tangkapan layar youtube.com/Puspen TNI/

GALAMEDIA - Keberadaan Kapal Selam KRI Nanggala 402 akhirnya ditemukan. KRI Nanggala saat ini berada pada kedalaman 850 mile.

Lalu bagaimana kondisi para kru yang berada di dalam KRI tersebut?

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan, akan menyiapkan evakuasi medis terhadap kru KRI Nanggala 402.

Ia menyatakan, saat ini para kru kemungkinan masih ada yang selamat.

Baca Juga: KRI Nanggala 402 Dinyatakan Menuju Fase Tenggelam Usai Temuan Sejumlah Komponen

"Nanti akan kita siapkan untuk evakuasi medis terhadap kru yang kemungkinan masih selamat. Kita evakuasi ke Surabaya atau ke Banyuwangi akan kita lanjutkan untuk proses berikutnya," ujar Yudo dalam konferensi pers di Base Ops Lanud Ngurah Rai, Badung, Bali, Sabtu, 24 April 2021.

Ia mengatakan persiapan evakuasi ini dilakukan setelah adanya penemuan-penemuan bukti otentik berupa komponen kapal selam yang diyakini milik dari KRI Nanggala 402.

Dari penemuan ini, maka selanjutnya dari tahapan submiss ditingkatkan menjadi subsunk.

"Unsur-unsur kami bersama dengan bantuan dari negara sahabat akan berusaha keras untuk evakuasi ini karena kedalaman laut yang kita deteksi tadi adalah pada kedalaman 850 mile," katanya.

"Posisi ini sangat berisiko dan sangat memiliki kesulitan yang tinggi baik untuk ROV maupun untuk pengangkatan nantinya," sambung dia dilansir ANTARA.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x