MotoGP Italia: Ducati Incar Kemenangan Keempatnya di Sirkuit Mugello

- 29 Mei 2021, 05:58 WIB
Anggota tim Ducati Lenovo Jack Miller dan pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP's Maverick Vinales beraksi dalam balapan MotoGP Grand Prix Prancis - di Circuit Bugatti, Le Mans, Prancis (16/04/2021)
Anggota tim Ducati Lenovo Jack Miller dan pembalap Monster Energy Yamaha MotoGP's Maverick Vinales beraksi dalam balapan MotoGP Grand Prix Prancis - di Circuit Bugatti, Le Mans, Prancis (16/04/2021) /Foto: REUTERS/STEPHANE MAHE/

GALAMEDIA - Ducati mengincar kemenangan keempatnya di sirkuit Mugello pada balapan MotoGP Italia yang bakal digelar Minggu 30 Mei 2021 mendatang.

Peluang meraih itu terbuka ketika Francesco Bagnaia membawa Ducati memimpin pada sesi latihan bebas kedua Grand Prix Italia di Sirkuit Mugello, Jumat 28 Mei 2021 kemarin.

Upaya Bagnaia pada lap terakhir sesi latihan selama 45 menit itu berhasil membuat sang pebalap Italia menjadi yang tercepat di FP2 dengan catatan 1:46,147, menggeser pebalap Suzuki Alex Rins ke peringkat dua dengan margin tipis 0,071 detik.

Baca Juga: Final Liga Champions: Pep Guardiola Kesulitan Pilih Pemain Untuk Hadapi Chelsea

Perlu diketahui, MotoGP kembali digelar di Mugello akhir pekan ini setelah tahun lalu balapan di sirkuit Italia itu batal karena pandemi.

Akan tetapi, kali ini tidak akan ada para fan yang biasanya memadati bukit di sepanjang sirkuit karena pembatasan terkait pandemi.

Mugello menjadi salah satu sirkuit yang paling menuntut kekuatan fisik dengan layout yang sangat teknis dan dengan lintasan lurus sepanjang 1,1km yang memungkinkan para pebalap mencapai kecepatan puncak hingga 356,7 kpj (Andrea Dovizioso,2019).

Baca Juga: Ikatan Cinta 29 Mei 2021: Al Ungkap Kejahatan Elsa dan Mama Sarah Dihadapan Papa Surya

Pada latihan bebas kemarin, pebalap tuan rumah lainnya Franco Morbidelli menjadi pebalap Yamaha tercepat di peringkat tiga dengan selisih 0,184 detik dari Bagnaia dan mengalahkan pemuncak klasemen sementara Fabio Quartararo dari tim pabrikan yamaha.

Hampir semua pebalap mampu tampil lebih cepat dari catatan waktu yang mereka catatkan dalam FP1, kecuali Maverick Vinales dan Johann Zarco yang harus puas finis P8 dan P11 pada catatan waktu kombinasi setelah dua latihan.

Duet tim KTM Factory Racing cukup produktif pada Jumat siang setelah Brad Binder dan Miguel Oliveira masing-masing finis P5 dan P6.

Baca Juga: Buku Harian Seorang Istri 29 Mei 2021: Kisahkan Kepergian Bu Nawang, Bu Sari, Alya dan Dewa Banjir Air Mata

Sedangkan Taakaki Nakagami menjadi pebalap Honda tercepat di P7 sedangkan Aleix Espargaro meneruskan tren positif bersama Aprilia untuk masuk peringkat sepuluh besar setelah finis P9.

Jack Miller, yang mengincar hattrick setelah juara di Jerez dan Le Mans, hanya mampu finis P10 dalam catatan waktu kombinasi, terpaut 0,541 detik dari rekan satu timnya di Ducati.

Marc Marquez dan rekan satu timnya di Repsol Honda Pol Espargaro gagal menembus sepuluh besar setelah keduanya hanya mampu finis P13 dan P14.

Baca Juga: Kota Bandung Siap Gelar Pembelajaran Tatap Muka Secara Terbatas dengan Terapkan Protokol Kesehatan

Sedangkan Valentino Rossi gagal bersinar di trek favoritnya itu setelah tersungkur di P21, terpaut 1,572 detik dari pemuncak sesi.

Catatan waktu kombinasi setelah dua sesi latihan bebas:

1. Francesco Bagnaia/Ducati Lenovo 1:46,147
2. Alex Rins/Suzuki Ecstar +0,071
3. Franco Morbidelli/Petronas Yamaha SRT +0,184
4. Fabio Quartararo/Monster Energy Yamaha +0,225
5. Brad Binder/Red Bull KTM Factory Racing +0,289
6. Miguel Oliveira/Red Bull KTM Factory Racing +0,437
7. Takaaki Nakagami/LCR Honda +0,446
8. Maverick Vinales/Monster Energy Yamaha +0,446
9. Aleix Espargaro/Aprilia Racing Gresini Team +0,508
10. Jack Miller/Ducati Lenovo +0,541

Editor: Brilliant Awal

Sumber: ANTARA


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x