Luhut Terus Tekan Mobilitas Masyarakat Lewat PPKM Darurat: Sepekan Ke Depan Semakin Turun Sesuai Harapan

- 12 Juli 2021, 19:18 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan./Instagram.com/menkomarves /
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan./Instagram.com/menkomarves / /

GALAMEDIA - Upaya pemerintah dalam mengurangi kenaikan kasus Covid-19 salah satunya adalah memberlakukan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat Jawa-Bali.

Sudah sejak tanggal 3 Juli 2021 pemerintah menerapkan kebijakan tersebut dan akan terus berlangsung hingga 20 Juli 2021 mendatang.

Kemudian, pada Senin 12 Juli 2021, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marinves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, mobilitas masyarakat mengalami penurunan pada minggu pertama PPKM Darurat Jawa-Bali.

Hal tersebut ia sampaikan dalam keterangan pers bersama, usai mengikuti Rapat Terbatas mengenai Penanganan Pandemi COVID-19 yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Senin 12 Juli 2021 secara daring.

Baca Juga: Luhut Binsar Pandjaitan Klaim Covid-19 Sangat Terkendali, Fadli Zon Beri Gelar 'The King of Covid'

Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) mengaku bahwa pihaknya sudah memantau implementasi PPKM Darurat melalui indikator mobilitas dan kegiatan aktivitas masyarakat menggunakan Google Traffic dan Facebook Mobility serta indeks cahaya malam.

"Hasil yang kami dapat selama periode 3-10 Juli, seluruh provinsi Jawa-Bali sudah menunjukkan penurunan mobilitas dan aktivitas masyarakat pada level 10-15 persen,” ujarnya dikutip Galamedia dari laman Sekretariat Kabinet.

Namun, kata Luhut, untuk melandaikan kurva penularan Covid-19 masih diperlukan upaya kerja agar komponen indeks mobilitas turun di atas 30 persen.

“Implementasi di lapangan kami lihat semakin baik dan kami berharap satu minggu ke depan mobilitas kegiatan masyarakat juga semakin turun sesuai harapan,” ujarnya.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x