Budiman Sudjatmiko Bicara Soal 'Dalang' Covid-19, PD: Kondisi Ini Berawal dari Uang Rp72 Milar Jokowi

- 16 Juli 2021, 10:19 WIB
Ilustrasi Virus Corona.
Ilustrasi Virus Corona. /

GALAMEDIA – Politisi PDIP, Budiman Sudjatmiko memandang virus penyebab Covid-19 tidak akan pernah lenyap dari muka bumi. Menurutnya, informasi terkait Covid-19 sudah terpampang jelas di salah satu jurnal bergengsi “Foreign Affairs”.

“Inilah terjemahan bebas dari artikel di jurnal bergengsi, "Foreign Affairs" yang saya kirim fotonya tadi. Saatnya berterus terang: virus penyebab Covid- 19 ini gak akan hilang. SARS-CoV-2 gak bisa dihapus,” kata Budiman Sudjatmiko, seperti dikutip Galamedia dari akun Twitternya, Jumat, 16 Juli 2021.

Dalam jurnal itu, kata Budiman Sudjatmiko, Covid-19 sudah tersebar di lebih dari 12 ragam spesies hewan. “Ia (Covid-19) sudah tumbuh di lebih dari 12 ragam spesies hewan,” tuturnya.

Baca Juga: Karena Pandemi Covid-19 dan Era Revolusi Industri 4.0, Gubernur Jabar Dorong Koperasi Melek Digital

Sementara bagi manusia, kata Budiman Sudjatmiko, kekebalan kerumunan atau herd immunity yang tidak akan menjadi solusi di tengah menggilanya pandemi Covid-19.

“Bagi manusia sendiri, kekebalan kerumunan (herd immunity) yang tadinya digadang-gadang sebagai solusi satu-satunya (pandemi Covid-19), tak bakal tercapai,” ungkap Budiman Sudjatmiko.

Menurut Budiman Sudjatmiko, hal tersebut dapat tercermin dari kebanyakan negara yang tidak mempunyai persediaan vaksin Covid-19 yang mencukupi.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini 9 Keutamaan Hari Jumat, Mulai Hari Mustajabnya Doa Hingga Dihapuskannya Dosa-dosa

Di sisi lain, Budiman Sudjatmiko juga pernah melihat masyarakat di negara yang mempunyai persediaan vaksin Covid-19 melimpah enggan untuk melakukan vaksinasi.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x