Aksi Tali Intan Dinas Perkebunan Jabar Sabet Penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji KIPP 2021

- 30 Juli 2021, 09:30 WIB
Pengumuman Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik via live streaming YT Kementerian PANRB, Kamis (29/7/2021).
Pengumuman Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik via live streaming YT Kementerian PANRB, Kamis (29/7/2021). /Humas Pemprov Jabar

GALAMEDIA – Aksi Tali Intan berhasil memenangkan penghargaan Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji klaster pemerintah provinsi pada Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) tahun 2021.

Aksi Tali Intan adalah Aksi Petani Peduli Perlindungan Tanaman, sebuah inovasi yang digagas Dinas Perkebunan Provinsi Jawa Barat. Aksi Tali Intan berhasil menyisihkan 1.610 inovasi pelayanan publik dari daerah lain.

Kemudian berhasil lolos tahapan presentasi, wawancara, verifikasi, dan observasi lapangan yang dilakukan secara virtual. Manfaat Aksi Tali Intan sangat multidimensi mulai dari menjaga lingkungan secara berkelanjutan (sustainable), merespons pasar, serta meningkatkan kesejahteraan petani.

 Baca Juga: Soal Youtube, Persib Terpopuler di Asia Disusul Persija

Tim Evaluasi KIPP dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokras menilai, Aksi Tali Intan memiliki empat pembaruan yang diusung yakni, aksi sederhana, perubahan pola pikir, perubahan budaya kerja, dan pemberian insentif.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja mengapresiasi capaian Dinas Perkebunan. Prestasi ini menjadi penghibur dan penambah semangat dalam perang melawan Covid-19.

“Selamat untuk Aksi Tali Intan yang sudah terpilih menjadi Top Inovasi Pelayanan Publik Terpuji pada KIPP 2021,” ungkapnya.

 Baca Juga: BuzzerRp Kembali Marak, Mantan Jubir Presiden Gus Dur Bongkar Penyebabnya

Ia berpesan agar Aksi Tali Intan dapat dikembangkan lebih jauh sehingga kebermanfaatannya semakin terasa dan luas. “Agar inovasi ini tidak berhenti di sini saja tapi terus dikembangkan. Tetap dijaga kesinambungannya dan dapat direplikasi di daerah lain baik di Jabar maupun luar Jabar,” katanya.

Menurut Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo, KIPP upaya pemerintah membudayakan terobosan dalam pelayanan publik, sehingga birokrasi tidak terjebak rutinitas dan senantiasa menemukan cara baru dalam pelayanan cepat dan terbaik.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x