Bom Mobil Guncang Kedubes Filipina di Kawasan Menteng Jakarta, Duta Besar Tewas pada 1 Agustus 2000

- 1 Agustus 2021, 07:51 WIB
Ilustrasi ledakan. Sebuah bom mengguncang Kedutaan Besar Filipina di Jakarta dan menewaskan duta besar pada 1 Agustus 2000.
Ilustrasi ledakan. Sebuah bom mengguncang Kedutaan Besar Filipina di Jakarta dan menewaskan duta besar pada 1 Agustus 2000. /Ilustrasi pixabay/

GALAMEDIA - Di berbagai belahan dunia, banyak peristiwa penting terjadi pada tanggal 1 Agustus, dari tahun ke tahun.

Tak sedikit dari peristiwa itu menjadi catatan sejarah penting bagi perjalanan hidup manusia.

Di antaranya yaitu gempa 8,2 mengguncang Laut Banda pada 1 Agustus 1629 hingga peristiwa ledakan bom di Kedubes Filipina dan Plaza Atrium, Senen, Jakarta.

Berikut sejumlah peristiwa penting di tanggal 1 Agustus, yang dirangkum Galamedia dari berbagai sumber:

Baca Juga: Greysia Polii/Apriyani Rahayu vs Chen Qingchen/Jia Yifan: Berikut ini Statistiknya

1629
Gempa bumi magnitudo 8,2 mengguncang Laut Banda pada 1 Agustus 1629. Gempa tersebut diketahui terletak pada episentrum di Palung Seram, Kepulauan Banda dan mengakibatkan tsunami setinggi 15 meter.

Dalam kejadian itu dikabarkan banyak pepohonan di Kepulauan Banda yang terbawa tsunami. Gempa juga dirasakan hingga Ambon yang terletak 230 kilometer dari pusat gempa

1774
Joseph Priestley FRS (24 Maret 1733 – 6 Februari 1804) adalah seorang filsuf, rohaniawan, teolog, pengajar, ahli ilmu politik dan ahli kimia berkebangsaan Inggris yang telah menerbitkan lebih dari 150 buku.

Ia dikenal luas sebagai penemu oksigen, pada 1 Agustyus 1774. Oksigen diisolasi dalam keadaan gas, meskipun Carl Wilhelm Scheele dan Antoine Lavoisier turut memiliki klaim yang kuat terhadap penemuan tersebut.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x