Pemerintah Taiwan Tuai Kecaman Setelah Musnahkan Lebih dari 150 Ekor Kucing Selundupan

- 24 Agustus 2021, 14:34 WIB
Ilustrasi: jenis kucing British Shorthair/
Ilustrasi: jenis kucing British Shorthair/ /pixabay/3093594

GALAMEDIA - Pemerintah Taiwan baru-baru ini menuai kecaman usai memusnahkan lebih dari 150 ekor kucing pada akhir pekan. Kucing-kucing itu diamankan di atas kapal nelayan.

Kucing-kucing yang diselundupakan di dalam kapal tersebut merupakan kucing-kucing mahal. Diantaranya jenis ras persia, kucing Shorthair Amerika, Shorthair Inggris dan Rusia.

Kucing-kucing selundupan itu ditemukan di atas kapal penangkap ikan dari Tiongkok akhir pekan lalu yang dihentikan untuk pemeriksaan COVID-19. Ketika kucing-kucing yang dikurung itu ditemukan, mereka disita dan ke-154 kucing itu akhirnya diturunkan.

Kucing-kucing malang tersebut diselundupkan dari sumber yang tidak diketahui. Menurut peraturan Taiwan kucing-kucing tersebut akan dibunuh sesuai dengan peraturan yang berlaku setiap barang selundupan yang tidak diketahui sumbernya akan dimusnahkan.

Baca Juga: Meski Populer dan Banyak Fans, 9 Artis Korea Ini Tak Punya Akun Media Sosial Lho!

Taipei mengatakan keputusan dibuat untuk "menidurkan" hewan karena asal mereka tidak diketahui dan mereka menimbulkan risiko biosekuriti. Hukum Taiwan mensyaratkan izin, inspeksi, dan karantina hewan sebelum masuk. Jika persyaratan tidak terpenuhi, maka hewan akan dibunuh atau ditolak masuk.

Langkah pemusnahan ratusan ekor kucing itu memicu kemarahan. Para pejabat memperkirakan bahwa kucing-kucing itu memiliki nilai sekitar 300.000 dolar AS.

Beberapa kelompok hak asasi hewan telah mengutuk langkah tersebut dan menyerukan amandemen yang menjamin perlakuan manusiawi terhadap hewan selundupan. Salah satu rekomendasi meminta hewan untuk diadopsi setelah pemeriksaan dan karantina.

Kelompok hak asasi hewan mendesak jaksa untuk menyelidiki dan mencatat bahwa kucing-kucing itu di-euthanasia pada hari Sabtu,21 Agustus 2021, yang mana hari ini bertepatan dengan Hari Hewan Tunawisma Internasional. Euthaniasia adalah tindakan mengakhiri hidup untuk mengakhiri penderitaan.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x