Pakar UNAIR: Kalau Kita Serius Ingin Kendalikan Pandemi, Harusnya Gunakan Vaksin Nusantara

- 25 Agustus 2021, 15:05 WIB
Eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat menyuntikkan Vaksin Nusantara ke tubuh anggota DPR RI Dedi Mulyadi./dok.Dedi Mulyadi
Eks Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto saat menyuntikkan Vaksin Nusantara ke tubuh anggota DPR RI Dedi Mulyadi./dok.Dedi Mulyadi /

GALAMEDIA - Vaksin Nusantara yang digagas Mantan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto dikabarkan bisa diandalkan untuk mutasi virus Corona.

Hal tersebut disampaikan Guru Besar Ilmu Biokimia dan Biologi Molekular Universitas Airlangga, Prof. Chairul Anwar Nidom.

"Kalau kita hanya mengandalkan vaksin konvensional, buktinya sampai sekarang untuk varian Delta formulasinya pun enggak diubah-ubah," kata Prof Nidom dilansir Antara.

"Kalau dengan vaksin Nusantara hanya 50 hari, kita sudah mendapat formulasi baru," sambungnya.

Ia juga melakukan penelitian bersama timnya dan vaksin Nusantara diklaim mempunyai kemampuan yang hebat.

Baca Juga: Muhammad Kece Ditangkap Saat Berada di Lokasi Ini, Brigjen Rusdi: Tak Ada Upaya Klarifikasi

Pasalnya, vaksin Nusantara ini bisa memutasi virus Delta yang semula ganas menjadi lemah. Oleh karena itu bisa mempercepat proses pengendalian virus tersebut.

"Jadi kalau kita serius untuk mengendalikan segera pandemi ini, harusnya gunakan vaksin Nusantara ini bersama-sama dengan vaksin konvensional atau sendiri-sendiri karena dia bisa menangani mutasi virus," ujarnya.

Saat ini vaksin Nusantara sedang memasuki uji klinik fase 3. Pada uji klinik fase 1 dan 2 Nidom mengatakan tak ada masalah.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x