Dahana Awali Peledakan Bendungan Cipanas Sumedang

- 31 Agustus 2021, 19:18 WIB
Dua petugas dari Divisi Kuari & Konstruksi PT Dahana sedang melakukan penanaman bahan peledak perdana di bakal Bendungan Cicadas, Sumedang.
Dua petugas dari Divisi Kuari & Konstruksi PT Dahana sedang melakukan penanaman bahan peledak perdana di bakal Bendungan Cicadas, Sumedang. /Dally Kardilan/Galamedia/

 

GALAMEDIA - Pembangunan Bendungan Cipanas yang berlokasi di wilayah Kecamatan Conggeang dan Ujungjaya, Kabupaten Sumedang mulai dilaksanakan.

PT Dahana (Persero) gelar peledakan pertama, Selasa, 31 Agustus 2021, dengan menggunakan jenis bahan peledak Dabex.

Proyek kolaborasi antar BUMN ini terjalin antara PT Wijaya Karya (Persero) selaku pemegang tender dengan PT Dahana yang melakukan pekerjaan penggalian dan peledakan (drilling and Blasting) menggunakan Dabex yang sudah teruji di berbagai macam lahan.

Pemilihan Dabex sebagai bahan peledak dikarenakan keunggulannya yang tahan air dalam menghadapi medan berair secara efektif.

Baca Juga: Gerindra Pastikan Prabowo Nyapres Lagi di 2024, Ali Syarief: Sebagian Besar Pendukungnya Sudah Kecewa

GM Divisi Kuari & Konstruksi PT Dahana, Setio Budhianto didampingi Manajer Humas dan Kelembagaan, Juli Jajuli melalui menjelaskan Dabex merupakan produk asli dalam negeri yang dihasilkan dari proses inovasi Dahana sejak 1998. Produk ini juga sering dipakai dalam pembangunan Proyek Strategis Nasional lainnya.

“Dengan adanya kemampuan untuk mengendalikan densitas melalui proses gassing, memungkinkan dilakukan variasi densitas produk akhir campuran emulsi Dabex pada lubang tembak sesuai kebutuhan lingkungan peledakan. Dengan bulk explosive yang dapat dioptimalkan, maka biaya peledakan dapat ditekan seminimal mungkin,” ungkapnya.

Di project Bendungan Cipanas, lanjutnya, Dahana menempatkan Edwin Saleh sebagai Site Coordinator dengan 10 tenaga terampil dan berpengalaman.

Baca Juga: Erick Thohir Dipuji Yenny Wahid Layak Jadi Pemimpin Masa Depan: 2024 Masih Jauh, Enggak Ada Partai

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x