Ganjil Genap di 5 Gerbang Tol Masuk Kota Bandung Mulai Berlaku Hari Ini, Berikut Aturannya

- 3 September 2021, 05:50 WIB
Ilustrasi penyekatan akses masuk di gerbang tol Pasteur.
Ilustrasi penyekatan akses masuk di gerbang tol Pasteur. /Dharma Legi/galamedia/

GALAMEDIA -Polrestabes Bandung bersama Pemkot Bandung akan memberlakukan ganjil genap di pintu gerbang tol masuk Kota Bandung mulai Jumat 3 September hingga Minggu 5 September mendatang.

Kendaraan yang boleh masuk Kota Bandung yaitu sesuai dengan angka terakhir yang tertera pada plat nomor.

Ganjl genap ini juga hanya berlaku untuk kendaraan berpelat nomor luar Kota Bandung (non D).

Kasatlantas Polrestabes Bandung, AKBP M Rano Hadianto mengatakan, pelaksanaan genap ganjil di lima titik gerbang tol akan dimulai pada pukul 06.00 WBI hingga pukul 21.00 WIB.


Kelima gerbang tol tersebut yaitu gerbang tol Pasirkoja, Pasteur, Buah Batu, Moch Toha dan Kopo.

Baca Juga: The Colony Film Kisah Sekelompok Pasukan yang Tinggal di Bunker Pada Tahun 2045

Ia mengatakan, kendaraan yang dikecualikan saat penerapan ganjil genap yaitu kendaraan dinas kepolisian, TNI, kendaraan dinas berpelat nomor merah, angkutan barang dan umum serta online.

Ambulans, pemadam kebakaran dan kendaraan dinas kesehatan yang menangani Covid-19 termasuk kendaraan swasta dengan menunjukkan surat kerja.

"Tentunya Kota Bandung akses masuknya adalah lima gerbang tol yang menjadi favorit bagi masyarakat khususnya luar Kota Bandung masuk ke Bandung sehingga dengan adanya pelaksanaan ganjil genap di lima gerbang tol tersebut bisa mobilitas terkendali," katanya.

Ia mengatakan, dengan penerapan ganjil genap maka Kota Bandung yang saat ini di level tiga bisa semakin membaik. Bahkan harapannya adalah tidak terdapat lonjakan kasus ke depan.

Baca Juga: Sinopsis Ikatan Cinta 3 September 2021: Andin Masih Baik Hati Bolehkan Nino untuk Bertemu Reyna

"Sejauh ini mobilitas berdasarkan data dari tol gerbang tol yang ada di Bandung masih dalam tahap normal. Namun pada saat weekend kemungkinan lonjakan mobilitas itu cukup tinggi sehingga kita bisa mrngantisipasi dengan ganjil genap," ungkapnya.

Rano menambahkan, pihaknya saat ini hanya menerapkan ganjil genap di lima gerbang tol sedangkan di dalam Kota Bandung masih dibahas bersama forum lalu lintas.

Terkait efektivitas ganjil genap kendaraan, ia mengatakan baru akan terlihat setelah pelaksanaan kegiatan tersebut. ***

Editor: Brilliant Awal


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x