Bimbang Mau Memilih dan Memutuskan Sesuatu?Laksanakan Sholat Istikharah, Ini 7 Keutamaannya

- 8 September 2021, 13:49 WIB
Ilustrasi sholat.
Ilustrasi sholat. /Pexels/GabbyK

 
GALAMEDIA - Sholat istikharah adalah salat sunnah yang dikerjakan untuk meminta petunjuk Allah karena keragu-raguan atau rasa bimbang seseorang dalam memilih atau akan memutuskan sesuatu hal. 
 
Semua manusia pasti memiliki persoalan dalam hidupnya masing-masing, terkadang kita dihadapkan pada pilihan-pilihan yang sulit dan memberatkan hati.
 
Tentu karena hidup harus memilih yang terbaik, kadang kita harus benar-benar jernih menundukkan pikiran dan hati kita agar pilihan yang kita tetapkan adalah pilihan yang benar-benar terbaik untuk kita.
 
 
Allah SWT memberikan solusi jika manusia dihadapkan pada pilihan-pilihan hidup yang sulit, manusia hendaknya melakukan shalat istikharah.
 
Shalat istikharah juga bisa dilaksanakan kapanpun bisa juga malam hari dan dengan doa-doa yang kita panjatkan kepada Allah SWT. 
 
Berikut adalah berbagai keutamaan dari melaksanakan shalat istikharah yang telah Galamedia rangkum dari berbagai sumber.
 
1.Menyerahkan hasil semuanya kepada Allah
 
Dengan shalat istikharah kita akan benar-benar berharap dan menyerahkan hasil yang terbaik kepada Allah. Untuk itu, istikharah adalah mengharapkan hasil yang benar-benar sesuai dengan keridhoan Allah.
 
 
"Sekali kali tdk akan menimpa kami melainkan apa yg telah ditetapkan oleh Allah bagi kami. Dialah pelindung kami, dan hanya kepada Allah-lah orang-orang yg beriman harus bertawakal”
(QS At Taubah: 51).
 
2. Menenangkan diri
 
Ketika kita ditunjukan dengan pilihan yang sulit dengan shalat istikharah kita bisa menenangkan diri, yang dibutuhkan saat memilih adalah bagaimana kita tenang agar mendapatkan hasil yang terbaik dan berpikir di saat pikiran jernih.
 
 
3. Memberikan kemantapan hati
 
Dengan melakukan istikharah berkali-kali, hal ini bisa memberikan kemantapan hati bagi kita yang masih bingung dan menghadapi dilema pemilihan. 
 
Istikharah ini bisa memberikan kita kemantapan hati jika benar-benar dilakukan secara rutin dan menyerahkan segala persoalan kepada Allah.
 
4. Menjauhi bisikan setan
 
Syetan sangat suka menggoda manusia dan membuat manusia melakukan hal-hal yang tidak boleh dilakukan.
 
Maka dengan shalat istikharah membantu kita agar terhindari dari bisikan syetan serta menjauhi dari adanya perbuatan kemaksiatan, yang akan membuat kita salah dalam melakukan pilihan.
 
 
5. Memilih dengan pertimbangan agama
 
Seluruh urusan ada di tangan Allah, Untuk itu, permohonan kita meminta kemudahan, solusi, dan kemantapan hati memilih adalah diserahkan kepada Allah SWT. 
 
Segala apa yang kita pilih dan usahakan, pertimbangan agama adalah hal yang paling mendasar.
 
"Sesungguhnya urusan itu seluruhnya ditangani AllaH SWT”.  (QS Ali Imran : 154).
 
 
6. Ikhlas dan lurus hanya kepada Allah
 
Jika kita lurus dan ikhlas hanya kepada Allah, maka urusan hidup kita semuanya akan dimudahkan dan diberikan solusi atas permasalahan yang menimpa kita.
 
"Dan bertakwalah kepada (Allah) Yang Maha Perkasa lagi Maha Penyanyang, Yg melihat kamu ketika kami berdiri (utk sembahyang), dan (melihat pula) perubahan gerakan badanmu diantara orang-orang yg sujud”.
(QS Asy Syuara: 217-219).
 
7. Mendapat pahala
 
Selain bisa membuat kita tenang dalam menentukan semua pilihan dalam segala hal.
 
Shalat istikharah juga bisa mendatangkan pahala bagi kita yang melaksanakannya dengan ketekunan hati.
 
"Barang siapa yang telah menghidupkan sunnah dari sunnah-sunnah ku, dan diamalkan oleh manusia, maka ia akan memperoleh pahala seperti pahala orang yang mengamalkannya dengan tidak mengurangi pahala mereka sedikitpun"
( HR. Ibnu majah ).***

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x