Sandiaga Uno Harap Sektor Pariwisata Tak Jadi Penyumbang Kasus Baru Covid-19

- 18 Oktober 2021, 17:31 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno berharap sektor pariwisata tidak menjadi penyumbang kasus baru Covid-19.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno berharap sektor pariwisata tidak menjadi penyumbang kasus baru Covid-19. /Rio Ryzki Batee/Galamedia/

GALAMEDIA - Kasus Covid-19 terus mengalami penurunan, sehingga roda perekonomian kembali menggeliat termasuk pariwisata. Kendati demikian, protokol kesehatan tetap harus diterapkan secara ketat.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno berharap sektor pariwisata tidak menjadi penyumbang kasus baru Covid-19. Mengingat berdasarkan informasi yang diterimanya, kemungkinan gelombang ketiga akan terjadi, jumlah yang terpapar belum bisa dipastikan.

"Jadi saya diberi tahu oleh BNPB dan Satgas Covid bahwa gelombang ketiga ini pasti. Tapi kapan dan kesiapannya ini yang menjadi kunci. Maka teman-teman di pariwisata jangan euforia, protokol kesehatan dengan ketat," ungkapnya pada pembukaan Cartel Hotel di Kawasan Jalan Djuanda, Kota Bandung, Senin, 18 Oktober 2021. 

Baca Juga: Jabar Pastikan Atlet dan Ofisial PON Dilayani di Pusat Pemulihan

Menurutnya ketika ada gelombang Covid-19 karena varian delata, sektor pariwisata bukan menjadi penyebabnya. Meski kawasan wisata sudah dibuka, tapi mayoritas masyarakat disana menerapkan protokol kesehatan sehingga bisa terhindar dari terpapar maupun menularkan virus tersebut.

Dikatakannya dengan adanya kemungkinan gelombang ketiga ini, pelaku usaha sektor ini diharap untuk bersiap. Termasuk bagi wisatawan yang akan berwisata, harus lebih paham dalam penerapan protokol kesehatan.

"Jangan sampai kali ini pariwisata jadi pemicu. Sehingga harus bisa menjaga sektor kita agar bisa membangkitkan ekonomi kreatif, memulihkan pariwisata, dan membuka lapangan kerja," ujarnya.

Dalam meminimalisir penyebaran virus di tempat wisata, pihaknya meminta setiap pelaku usaha bisa menerapkan protokol kesehatan melalui sertifikat Cleanliness, Health, Safety, dan Environment (CHSE).

Dimana meski kasus sudah melandai, tapi masyarakat tidak boleh abai dalam setiap kegiatan termasuk ketika berwisata. Termasuk dengan sektor perhotelan yang sekarang sudah ramai dikunjungi masyarakat harus tegas dalam penerapan CHSE.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x