Festival Kopi Sumedang, Ikhtiar Pulihkan Ekonomi Daerah di Masa Pandemi

- 27 Oktober 2021, 10:14 WIB
upati Sumedang H.Dony Ahmad Munir menikmati kopi diacara Festival Kopi Sumedang. Ade Hadeli/Galamedia//
upati Sumedang H.Dony Ahmad Munir menikmati kopi diacara Festival Kopi Sumedang. Ade Hadeli/Galamedia// /

GALAMEDIA - Festival Kopi Sumedang ke-3 digelar di Halaman Gedung Induk Pusat Pemerintah Kabupaten Sumedang. Kegiatan ini diikuti 35 Komunitas Kopi dan beberapa SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang.

Kegiatan itu yang secara resmi dibuka Bupati Sumedang H. Dony Ahmad Munir, merupakan ikhtiar dari pemerintah daerah, untuk menumbuhkan ekonomi daerah di masa pandemi Covid-19. Khususnya bagi petani kopi dan pelaku usaha kedai kopi serta produk lainnya yang menggunakan bahan dasar kopi.

"Festival Kopi Sumedang yang di gelar selama dua hari ini (26-27 Oktober), merupakan sebuah ikhtiar untuk memulihkan ekonomi daerah, yang bermuara pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat," Dony, Rabu, 27 Oktober 2021.

Baca Juga: Meski Kondisinya Membaik Pasca Operasi Pendarahan Otak, Tukul Arwana Dikabarkan Sempat Sedih, Kenapa Ya?

Festival tersebut menampilkan berbagi kopi dari belahan bumi Kabupaten Sumedang dengan berbagi mereknya dengan ciri khasnya masing-masing dan sudah dikenal luas.

Dony berharap, melalui promosi potensi komoditas kopi itu, Kopi Sumedang bisa dipasarkan lebih luas lagi, bahkan bisa diekspor. Sehingga pelaku usaha kopi di Sumedang dari hulu sampai hilir bisa sejahtera.

"Kopi Sumedang benar-benar berkualitas. Kopinya enak dan nikmat. Bahkan tadi eksportir bilang bahwa 100 persen kopi yang dipilih ekspor ke luar negeri, 10 persennya dari Sumedang," ucapnya.

Baca Juga: Ini Profil Rob Clinton, Pengusaha Sekaligus Politikus Muda yang Resmi Melamar Aktris Chelsea Islan

Selain itu, Bupati menginginkan para pelaku usaha kopi difasilitasi untuk akses pasarnya, dibekali ilmu untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas produksinya.

Dari sisi kualitasnya tadi ada beberapa sharing season untuk peningkatan kapasitas petani kopi dan peracik kopi.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x