Dengan Gerakan Dordar, Kecamatan Cisewu Bisa Sumbangkan 300 Labu per Triwulan

- 28 Oktober 2021, 20:30 WIB
Camat Cisewu, Heri.
Camat Cisewu, Heri. /Agus Somantri/Galamedia/

GALAMEDIA - Meski di masa Pandemi Covid-19, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut masih tetap bisa menyumbangkan 300 labu darah per bulan, melalui program yang namanya Gerakan Dordar atau Gerakan Donor Darah.

Camat Cisewu, Heri, yang juga sebagai penggagas gerakan tersebut mengatakan, setiap desa sudah memiliki bank data terkait data pendonor sampai golongan darah yang ada di desa tersebut. Sehingga, apabila ada warga Kecamatan Cisewu yang sedang dirawat di rumah sakit dan membutuhkan darah, pihaknya tidak terlalu kesulitan mengatasi hal tersebut.

"Jadi ada bank data di desa ini yang sudah siap untuk menjadi pendonor, artinya kalau ada warga desa atau di wilayah kecamatan Cisewu ini yang kemudian dirawat dan perlu darah dan di bank darah di PMI kekurangan, maka kita di sini sudah mempunyai data orang golongan darah A berapa orang itu nanti kita berangkatkan dari sini," ujarnya, Kamis 28 Oktober 2021.

Meskipun begitu, terang Heri, ada satu permasalahan yang ia temui saat hendak mengirimkan pendonor dari Kecamatan Cisewu, yaitu jarak yang cukup jauh ke lokasi yang membutuhkan darah, sehingga para pendonor setiba di lokasi tidak bisa langsung melakukan transfusi darah ataupun melakukan donor darah.

Baca Juga: Proyek Mangkrak Rezim Jokowi Kembali Bertambah, Utang Makin Bengkak, Politisi Demokrat ke Buzzer: Kualat!

Heri mencontohkan, jika yang dibutuhkan 3 labu, maka pihaknya dari Cisewu akan memberangkatkan sebanyak 6 orang pendonor ke PMI Garut dengan menempuh perjalanan dengan jarak 112 kilometer sehingga kecapean.

"Nah apalagi kalau yang berangkat itu perempuan di perjalanan yang jauh ini suka mabuk kendaraan, kemudian ketika sampai di Garut ini perlu istirahat dulu masalahnya, itu jadi terkendala oleh akses permasalahan yang datang ke Garut capek jadi tidak bisa ketemu langsung dilakukan transfusi darah atau donor" ucapnya.

Heri menyebutkan, terakhir kali mengadakan Gerakan Dordar pada bulan September 2021 lalu , pihaknya mampu mengumpulkan sebanyak 427 labu darah, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Dengan gerakan dordar tiap 3 bulan, lanjut Heri, pihaknya bisa menyumbangkan hingga diatas 300 kantung darah.

Baca Juga: TEKAN KERUGIAN! DAMRI Cabang Bandung Hentikan Operasional 8 Rute Bus Kota

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x