Siap-Siap! Masjid di Indonesia Jadi Contoh Penerapan Prokes Covid-19

- 31 Oktober 2021, 15:16 WIB
Gairah masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) untuk kembali beribadah di masjid seiring wacana new normal. Suasana salat Jumat 12 Juni 2020 di Masjid Al Hidayah Pamulang Permai 1, Pamulang Barat.
Gairah masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) untuk kembali beribadah di masjid seiring wacana new normal. Suasana salat Jumat 12 Juni 2020 di Masjid Al Hidayah Pamulang Permai 1, Pamulang Barat. /- Foto: Seputartangsel.com/Sugih Hartanto

GALAMEDIA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mengingatkan peran penting masjid dalam upaya menanggulangi pandemi Covid-19. Salah satunya penerapan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Pernyataan tersebut disampaikan Wapres Ma'ruf Amin saat meresmikan secara virtual Masjid As-Sa'adah di Kompleks Villa Aufia, Kampung Pondok Caringin, Cisarua, Bogor, Sabtu 30 Oktober 2021.

"Masjid juga harus menjadi contoh penerapan protokol kesehatan terutama memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak dalam pelaksanaan ibadah," ungkap Ma'ruf dikutip Galamedia dari akun resminya.

Baca Juga: Viral Mobil Dinas Pemkot Solo Diduga Halangi Ambulans , Gibran Rakabuming Ngamuk: Pelat AD Tak Hanya Solo

Dalam menghadapi pandemi Covid-19 yang berdampak luas, Ma'ruf mengingatkan masjid sebagai pusat kegiatan masyarakat juga memiliki fungsi sosial.

Masjid diharapkan berperan mendukung upaya pemerintah dalam memulihkan dampak sosial di masyarakat.

"Selain itu, masjid harus menjadi tempat untuk saling tolong menolong dalam memulihkan ekonomi masyarakat, baik itu melalui penyaluran zakat, infaq, dan sedekah, maupun gerakan pemberdayaan ekonomi umat," ujarnya.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Minta Masjid Berperan dalam Penerapan Protokol Kesehatan, Salah Satunya Menjaga Jarak

Ma'ruf mencontohkan Rasulullah SAW saat sampai di Kota Madinah dalam rangka hijrah juga membangun masjid.
Rasulullah tidak hanya menjadikan masjid sebagai sarana ibadah ritual seperti shalat dan membaca Alquran, tetapi juga memakmurkannya.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Terkait

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network

x