5 Kandidat Kuat Kasad Baru Pengganti Jenderal Andika Perkasa, Ada Letjen Dudung Abdurachman

- 9 November 2021, 15:47 WIB
Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Dudung Abdurachman.
Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Dudung Abdurachman. /Pikiran Rakyat /Amir Faiso

GALAMEDIA - Jenderal Andika Perkasa telah resmi menjadi Panglima TNI menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto usai ditunjuk Presiden Jokowi dan disetujui DPR RI.

Ditunjuknya Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI kini memunculkan beberapa nama perwira tinggi di TNI AD yang akan menggantikan posisinya sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad).

Pengamat Intelijen dan militer, Susaningtyas N.H. Kertopati mengatakan bahwa setidaknya ada lima perwira tinggi TNI bintang tiga yang berpeluang menggantikan Andika Perkasa sebagai Kasad.

Baca Juga: Semarakkan Hari Pahlawan, Berikut Deretan Twibbon dan Kutipan yang Cocok Dibagikan di Sosial Media!

Kelima nama tersebut kata Susaningtyas adalah Wakil Menteri Pertahanan Letjen TNI Herindra, Wakil Kepala Staf TNI AD Letjen Bakti Agus Fadjari, Kepala Staf Umum TNI Letjen Eko Margiyono, Kepala BAIS TNI Letjen Joni Supriyanto, dan Panglima Kostrad Letjen Dudung Abdurachman.

Dia menjelaskan Herindra adalah salah satu yang memiliki tingkat pengalaman yang baik dan merupakan lulusan terbaik hingga meraih Adhi Makayasa lulusan 1987 Akmil.

"Wakasad Letjen Agus Fajari bisa saja, tetapi sebentar lagi pensiun. letjen Eko (Margiyono) Kasum, letjen Joni Ka Bais, Letjen Dudung yang jadi favorit netizen. Semua peluang sama," ujar Susaningtyas, Selasa, 9 November 2021 dilansir Antara.

Baca Juga: 5 Perusahaan Terbesar dan Tersukses di Indonesia, Keuntungan Capai Ribuan Triliun!

Dikatakan bahwa untuk jabatan Panglima dan Kasad tidak bisa hanya mempertimbangkan usia, prestasi justru dinilainya harus lebih menonjol.

"Usia muda bisa lama menjabat, tapi tidak ada prestasinya, kan juga percuma, apalagi usia tua namun tak ada prestasi," ungkapnya.

Menurutnya, idealnya seorang perwira tinggi untuk jabatan Kasad harus memiliki kemampuan manajemen tempur dan diplomasi yang andal.

Baca Juga: Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Bagikan Uang Rp50 Juta Secara Cuma-cuma! Syaratnya Gampang Banget, Apa Saja?

Tak hanya itu, ia juga menilai seorang Kasad harus memiliki kemampuan intelijen dan memahami teknologi pertahanan baru seperti siber.

Susaningtyas menekankan Kasad yang baru seharusnya dapat mengikuti perkembangan lingkungan strategis mulai dari tataran global, regional dan diplomasi pertahanan internasional.

"Oleh karenanya dibutuhkan sosok Kasad yang memiliki dampak penangkalan bagi petinggi militer internasional seperti halnya tuntutan terhadap sosok yang menjabat Panglima TNI," tandasnya.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x