UMKM Olahan Susu di Tasikmalaya Kembali Bergeliat Setelah Dihantam Pandemi

- 22 November 2021, 09:51 WIB
UMKM Olahan Susu di Tasikmalaya Kembali Bergeliat Setelah Dihantam Pandemi
UMKM Olahan Susu di Tasikmalaya Kembali Bergeliat Setelah Dihantam Pandemi /Istimewa

GALAMEDIA - Dampak pandemi Covid-19 tidak sedikit pelaku UMKM yang berhenti produksi bahkan gulung tikar. Salah satunya Ade Nurhayati pemilik usaha olahan susu di Kota Tasikmalaya.

Usaha Ade yang mengandalkan penjualan di sekolah-sekolah, dan toko oleh-oleh terpuruk karena sekolah dan tempat wisata tutup.

Kondisi tersebut tak membuatnya menyerah. Ade berhasil bertahan dengan mengoptimalkan penjualan online dan bergabung dengan komunitas UMKM usAHA binaan Airlangga Hartarto. Seiring pandemi yang kian terkendali, usahanya kini mulai kembali bergeliat.

Baca Juga: LBP: Sirkuit Mandalika Bisa Dijadikan Inspirasi Anak Muda Indonesia, Ekonomi dan Pariwisata pun Bisa Bangkit

Sebelum pandemi, Ade yang menjual produk olahan susu seperti susu segar, stick yogurt, yogurt murni kemasan botol, dan permen karamel susu, sempat memiliki 30 freezer yang ditaruh di sekolah-sekolah di wilayah Tasik, Ciamis, hingga Pangandaran.

Ade juga menitip jualkan produk permen karamel susu dan yogurtnya ke sejumlah toko oleh-oleh. Namun sejak pandemi melanda dan pemerintah menerapkan kebijakan pembelajaran jarak jauh untuk mencegah penyebaran Covid di sekolah, usahanya terhenti.

Puluhan freezer yang ia miliki, tidak terpakai. Toko oleh-oleh pun sepi karena tempat wisata ditutup dan mobilitas warga dibatasi. Sebelum pandemi, Ade bisa menjual 60-100 liter yogurt per hari.

Baca Juga: Kasus Covid Melandai, Menko PMK: Jangan Sembrono dan Jumawa

Setelah pandemi ia mengaku perhari hanya bisa menjual sekitar 40 liter. "Itu juga bersyukur masih bisa kejual. Sebelum pandemi omset sampai Rp 30 juta perbulan, setelah pandemi paling besar cuma Rp 10 juta perbulan," keluhnya.

Ade juga terpaksa mengurangi jumlah karyawannya dari enam orang menjadi tinggal setengahnya. Meski demikian, Ade tak begitu saja menyerah pada keadaan.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x