Gunung Semeru Meletus, Mensos Risma Langsung Geruduk Lokasi Untuk Pastikan Bantuan Terdistribusi

- 5 Desember 2021, 17:42 WIB
Mensos Tri Rismaharini saat mengunjungi pengungusi terdampak erupsi Gunung Semeru di Kantor Kecamatan Candipuro, Kab. Lumajang, Jawa Timur (5/12/2021)
Mensos Tri Rismaharini saat mengunjungi pengungusi terdampak erupsi Gunung Semeru di Kantor Kecamatan Candipuro, Kab. Lumajang, Jawa Timur (5/12/2021) /Kemensos/

 

GALAMEDIA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini mengunjungi lokasi bencana letusan Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, untuk memastikan terdistribusinya bantuan logistik dan meninjau kesiapan dapur umum untuk memenuhi kebutuhan pengungsi.

Risma tiba di Kabupaten Lumajang, Minggu, 5 Desember 2021, sekitar pukul 04.00 WIB dan langsung menuju dapur umum yang didirikan Taruna Siaga Bencana (Tagana) di Kecamatan Pronojiwo, Kecamatan Pasirian dan Kecamatan Candipuro.

Dalam perjalanan, Risma sempat beberapa kali berhenti untuk membagikan bantuan makanan dan di tengah hujan deras dia juga turun dari mobil untuk membantu mengais batu dan pasir untuk menutupi lubang di jalan.

Pada peninjauan di Kecamatan Candipuro, Mensos memeriksa daftar pengungsi untuk memastikan kemampuan dapur umum memenuhi kebutuhan pengungsi.

Baca Juga: Geng Motor Bawa Jasad Teman Touring Terakhir Sebelum Dimakamkan

Di kesempatan itu ia mengingatkan posisi dapur umum yang masuk area rawan dan meminta jajaran Kemensos memindahkannya ke lokasi aman.

Kehadiran Mensos untuk melihat dari dekat pemenuhan tugas penanganan bencana dari Kemensos melalui pilar-pilar sosial dan juga untuk memastikan bantuan logistik terkirim ke lokasi bencana.

Atas arahan Mensos, sejak Sabtu (4 Desember 2021) sore tim tanggap darurat Kemensos telah turun ke lokasi kejadian bencana.

Tagana melakukan pendataan terhadap korban, merelokasi kelompok masyarakat rentan, seperti lanjut usia, penyandang disabilitas dan anak-anak ke lokasi yang lebih aman, mendistribusikan bantuan logistik dan mendirikan dapur umum.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x