Ketua MPR RI Bamsoet Donasikan 6 Bulan Gaji untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

- 8 Desember 2021, 15:46 WIB
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet)
Ketua MPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) /Dok MPR

GALAMEDIA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo atau Bamsoet memberikan seluruh gajinya selama enam bulan untuk membantu korban erupsi Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Gaji yang didonasikan Bamsoet adalah gaji yang diterimanya mulai Desember 2021 hingga enam bulan ke depan.

Bamsoet pun melepas para Relawan Empat Pilar MPR RI, GERAK BS, Rescue IMI DKI Jakarta, Pemuda Pancasila, Indian Motorcycle, IMI Mobility Bidang Sosial, GAKESLAB DKI Jakarta, dan Majelis Taklim Baitul Shalihin untuk menyerahkan bantuan.

Baca Juga: 6 Tanda Ini Membuktikan Kamu Bukan Orang Introvert

Para Relawan Empat Pilar MPR RI itu itu akan berangkat dari Jakarta menuju Kabupaten Lumajang untuk menyerahkan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru.

"Saya juga mengajak para kolega di MPR RI yang terdiri dari 575 anggota DPR RI dan 136 anggota DPD RI, untuk terus terlibat dalam berbagai kegiatan sosial dalam membantu korban erupsi Gunung Semeru, tanpa melihat daerah pemilihan, suku, agama, ras, golongan, maupun partai politik," kata Bamsoet yang dikutip Galamedia dari laman MPR RI.

"Duka korban erupsi Gunung Semeru merupakan duka kita bersama. Jangan biarkan mereka menghadapinya sendirian," papar Ketua MPR tersebut bersama influencer dan TouTuber Atta Halilintar usai melepas para relawan di Kantor IMI Pusat, Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa 7 Desember 2021.

Baca Juga: Psst.. Desahan Saat Bercinta Ternyata Banyak Manfaatnya Lho!

Ia pun mengatakan peran dan dukungan dari masyarakat sipil juga sangat diperlukan untuk menyalurkan berbagai bantuan sosial.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, sesuai imbauan BNPB, sesampai di Kabupaten Lumajang, para relawan terlebih dulu harus berkoordinasi dengan posko setempat.

Sehingga penyaluran berbagai bantuan baik dari segi sumber daya personel, peralatan, hingga bantuan logistik, dapat berjalan secara optimal dan efektif.

Baca Juga: Demokrat Bilang yang Buat Mangkrak Proyek Hambalang adalah Jokowi: Hitung Saja Ruginya

Mantan Ketua Komisi III Bidang Hukum dan Keamanan DPR RI ini menekankan keamanan dan keselamatan para relawan selama berada di lapangan.

"Relawan akan menyalurkan berbagai bantuan sosial dari donasi yang terkumpul. Antara lain berupa sembako, masker, selimut, termometer, karpet, matras, pembalut, pampers, pakaian, jas hujan, senter, makanan bayi, susu, gula, kopi, hingga peralatan mandi," terangnya.

"Bantuan sosial ini diharapkan dapat melengkapi berbagai bantuan yang telah dikirimkan oleh BNPB, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Pemerintah Kabupaten Lumajang, Palang Merah Indonesia (PMI), dan berbagai pihak lainnya," jelas Bamsoet.

Baca Juga: Tim Badminton Indonesia Putuskan Mundur dari Kejuaraan Dunia 2021, Badminton Lovers Berduka: Ya Ampun Sedih

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini juga mengapresiasi langkah cepat BNPB, seiring  penanganan tanggap darurat bencana erupsi Gunung Semeru yang sedang berjalan dan secara paralel juga akan mempersiapkan penanganan pascabencana bagi warga yang terdampak.

BNPB akan memberikan dana tunggu kepada warga yang rumahnya mengalami kerusakan sedang hingga berat akibat tertimbun abu vulkanik dari erupsi Gunung Semeru.

"BNPB akan membangun kembali rumah warga yang rusak. Selagi menunggu dibangun, BNPB akan berikan dana tunggu kepada warga yang terdampak untuk menyewa rumah sementara selama enam bulan," ungkapnya.

Baca Juga: Single “Rembulan” Kolaborasi Neverrtale X Charly VHT Karya Fenomenal di Tengah Pandemi Covid-19

"Rencana pembangunan saat ini masih menunggu perizinan untuk penggunaan lahan dari pemerintah daerah. Kita harapkan prosesnya tidak memakan waktu lama," pungkas Bamsoet.***

Editor: Mia Fahrani

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x