CATAT! Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun Akan Segera Dimulai, Ini Syarat dan Ketentuannya

- 14 Desember 2021, 08:09 WIB
Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun Akan Segera Dimulai, Ini Syarat dan Ketentuannya
Vaksin Anak Usia 6-11 Tahun Akan Segera Dimulai, Ini Syarat dan Ketentuannya /covid-19.go.id


GALAMEDIA - Vaksinasi anak usia 6-11 tahun segera dimulai pada Desember 2021. Secara nasional, total sasaran mencapai 26,5 juta anak di Indonesia. Pelaksanaannya akan dimulai di DKI Jakarta, atau Banten, atau Depok.

Vaksin yang diberikan seperti dikutip Galamedia dari laman covid-19.gp.id adah vaksin Sinovac (Coronavac /Covid-19 Biofarma). Opsi vaksin lain masih menunggu EUA BPOM dan Rekomendasi Indonesia Technical Advisory Group on Immunization (ITAGI).

Dalam pelaksanaannya vaksinasi dilakukan secara intramuskular (suntikan pada jaringan otot) di bagian lengan atas. Dosis 0,5 ml diberikan sebanyak 2 kali, dengan jarak minimal 28 hari.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Wilayah Jawa Barat Selasa, 14 Desember 2021, Jabar Masih Diguyur Hujan, Waspadalah!

Vaksinasi Covid-19 pada anak tidak menjadi prasyarat pembelajaran tatap muka.

Strategi pelaksanaan vaksinasi anak usia 6-11 tahun di antaranya dengan sosialisasi dan koordinasi di jajaran internal dan lintas sektor, pencatatan hasil layanan dalam aplikasi Pcare Vaksinasi (dalam kategori anak).

Peserta vaksinasi harus membawa kartu keluarga atau dokumen yang cantumkan NIK anak, serta mengintegrasikannya dengan kegiatan imunisasi rutin dan atau tambahan pemetaan SDM.

Terkait hal ini, warga Kota Bandung, Ririm Nurlida (40) tahun menyambut baik rencana pemerintah yang akan memberikan vaksin untuk anak usia 6-11 tahun.

Baca Juga: Ini Makna Asmaul Husna: Al Khobir, Al Halim, Al Adhiim, Semoga Selalu Ada dalam Lindungan-Nya

"Mudah-mudahan tidak lama lagi. Soalnya anak-anak juga butuh dilindungi dari virus. Saya menyambut baik rencana ini," ungkapnya, Selasa 14 Desember 2021.

Halaman:

Editor: Hj. Eli Siti Wasilah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x