Banjir dan Longsor Terjang 3 Desa di Kecamatan Cisewu Garut

- 25 Desember 2021, 20:59 WIB
ejumlah rumah warga di Desa Nyalindung, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut rusak akibat longsor yang terjadi pada Sabtu 25 Desember 2021./Agus Somantri/Galamedia
ejumlah rumah warga di Desa Nyalindung, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut rusak akibat longsor yang terjadi pada Sabtu 25 Desember 2021./Agus Somantri/Galamedia /

GALAMEDIA - Sebanyak 3 desa di Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut yaitu Desa Nyalindung, Desa Panggalih, dan Desa Cikarang, diterjang banjir dan tanah longsor, Sabtu 25 Desember 2021.

Camat Cisewu, Heri, mengatakan, banjir dan tanah longsor disebabkan hujan dengan intensitas tinggi yang terus terjadi di wilayah tersebut.

Menurutnya, akibat dari bencana ini arus lintas di jalan provinsi sepanjang 200 meter sementara terputus, 6 rumah warga mengalami kerusakan.

Baca Juga: Gempa Dahsyat dan Tsunami 30 Meter Hancurkan Aceh, 280 Ribu Jiwa di 14 Negara Melayang pada 26 Desember 2004

"Selain itu, 1 unit jembatan gantung di Sungai Cilaki yang menghubungkan Kampung Pamalayan Desa Cikarang dengan Kampung Ciseureuh Desa Neglasari, Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut terputus," ujarnya, Sabtu 25 Desember 2021.

Berkaitan dengan bencana ini, terang Heri, langkah cepat dilakukan oleh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cisewu beserta warganya dengan melakukan pembersihan material longsor secara manual sebelum alat berat tiba di lokasi.

Menurut Heri, pihaknya juga melakukan evakuasi warga dan barang peralatan rumah ke rumah tetangga dan ke keluarga terdekat.

Baca Juga: Babak I Semifinal AFF 2020 Indonesia vs Singapura Berakhir Imbang, Timnas Garuda Kecolongan Menit Akhir

Sedangkan berkaitan dengan jembatan yang rusak, lanjutnya, pihak kecamatan membuat tanda atau rambu untuk kesemalatan masyarakat.

Halaman:

Editor: Lucky M. Lukman


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x