KEREN! 50 Titik Persimpangan dan Ruas Jalan di Kabupaten Bandung Barat Terpantau Teknologi ATCS

- 3 Januari 2022, 18:51 WIB
Command Centre Room (CC Room) yang bertempat di Kantor Dishub KBB, Gedung A lantai 4
Command Centre Room (CC Room) yang bertempat di Kantor Dishub KBB, Gedung A lantai 4 /Dokumen Dishub KBB/

GALAMEDIA - Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bandung Barat (KBB) menerapkan sistem pemantauan dan pengendalian lalu lintas terintegrasi atau Automatic Traffic Control System (ATCS).

"Sistem ini didukung oleh 129 CCTV yang terpasang pada 50 titik persimpangan dan ruas jalan di Kabupaten Bandung Barat. Pada CCTV tersebut disematkan aplikasi PLATO," kata Kepala Dishub KBB Lukmanul Hakim didampingi Sekretaris Dishub KBB Fauzan Azima di Ngamprah, Senin 3 Januari 2022.

Dijelaskannya, ATCS ini dipantau dan dikendalikan oleh Command Centre Room (CC Room) yang bertempat di Kantor Dishub KBB, Gedung A lantai 4 dan di Posko Wasdal Tagog Padalarang.

Baca Juga: SMTOWN Live 2022 Raih Rekor Tayangan Online Tertinggi dengan Menampilkan Kolaborasi Keren

"ATCS ini berfungsi untuk memantau kondisi lalu lintas dan pergerakan mobilitas kendaraan angkutan baik pribadi ataupun umum. Kondisi yang terpantau akan dijadikan bahan untuk pengendaliannya, misalnya apabila terpantau ada pengendara yang melakukan pelanggaran bisa diingatkan, seperti tidak menggunakan helm, dan lain sebagainya," papar Lukman

ATCS Dishub KBB adalah sejenis ATCS analitik yang memiliki kelebihan lain bila dibandingkan dgn ATCS konvensional lainnya.

Kelebihannya dapat menganalisa berbagai hal seperti menghitung jumlah kendaraan yang lewat atau traffic counting, dapat mengidentifikasi kendaraan yang terpantau berdasarkan jenis, tipe dan ukuran sehingga memudahkan dalam pengendalian dan pelaporannya.

Baca Juga: Tahun 2022 Harga Rokok Meroket naik

Selain itu, tambahnya, juga dapat mengidentifikasi kendaraan yang dikategorikan ODOL (Over Dimension and Overload yang seringkali dianggap melanggar aturan.

"Mudah-mudahan ATCS ini bermanfaat dan dapat berfungsi dengan baik untuk meningkatkan kinerja Dinas Perhubungan KBB dalam memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat," harapnya.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x