Keren, Disparbud KBB Bakal Gelar Bandung Barat Flowers Festival Internasional

- 21 Januari 2022, 15:10 WIB
Deretan kios bunga di Cihideung, Kabupaten Bandung Barat
Deretan kios bunga di Cihideung, Kabupaten Bandung Barat /Dicky Mawardi/Galamedia/

GALAMEDIA - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan menggelar Bandung Barat Flowers Festival Internasional yang akan diselenggarakan menyambut Milangkala KBB ke 15.

'Rencananya akan digelar akhir Juni atau awal Juli 2022. Ini menjadi festival bunga terbesar yang pernah diselenggarakan di Bandung Barat,' kata Kepala Disparbud KBB Heri Partomo di Ngamprah, Jum'at 21 Januari 2022.

Menurutnya, penyelenggaraan Bandung Barat Flowers Festival Internasional sekaligus untuk mengangkat potensi bunga di KBB. Pasalnya, KBB dikenal sebagai daerah penghasil bunga potong terbesar di Jawa Barat.

Baca Juga: Rindu Setengah Mati, Thariq Halilintar Diam-diam Beri Fuji Surprise : Maaf, Aku Terlalu Kangen

"Sayangnya potensi tersebut belum dimunculkan sebagai daya tarik pariwisata. Baik untuk skala lokal, regional maupun nasional," ucapnya.

Ia mencontohkan, Festival Bunga Tomohon di Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara bisa mengangkat nama daerah. Bahkan mampu mengangkat derajat ekonomi petani bunga.

"KBB juga memiliki potensi bunga yang luar biasa, tentunya ini peluang besar untuk memperkenalkan lebih luas lagi. Mudah-mudahan saja, ekonomi petani bunga seperti di daerah Cihideung, Kecamatan Parongpong ikut terangkat," harapnya.

Baca Juga: Digitalisasi Desa Itu Sudah Sebuah Kewajiban, Bukan Pilihan

Apalagi, lanjut Heri, petani bunga selama pandemi Covid-19 sedang terpuruk. Turunnya permintaan akan bunga potong membuat petani di Cihideung banyak yang tak lagi menanam bunga.

"Tentunya dengan penyelenggaraan Bandung Barat Flowers Festival Internasional bisa menggairahkan kembali petani untuk menanam bunga," tambahnya.

Halaman:

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x