Ngeri! Covid-19 Indonesia Terus Bertambah, Kemenkes Ungkap Penyebabnya

- 2 Februari 2022, 18:58 WIB
Mutasi varian baru omicron.
Mutasi varian baru omicron. //Twitter @drpriono1/

GALAMEDIA - Kasus Covid-19 Indonesia terus meningkat setiap harinya.

Meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia salah satunya disebabkan varian Omicron yang mudah menular.

Bahkan pada Selasa 1 Februari 2022 kemarin, jumlah konfirmasi kasus Covid-19 di Indonesia bertambah sebanyak 16.021 orang.

Baca Juga: Arteria 'Biang Kerok', Tapi Elektabilitas PDIP Tertinggi di Jabar, Pengamat: Dia Bukan Elite Partai!

Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kemenkes, dr. Siti Nadia Tarmizi mengungkap penyebab meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia dalam sepekan terakhir ini.

Menurut Nadia, salah satu penyebab meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia ialah banyaknya angka testing dan tracing.

“Positivity rate mingguan kita ada kenaikan sebesar 3,65%. Hal ini selain seiring dengan kenaikan kasus konfirmasi, tapi juga sejalan dengan ditingkatkannya angka testing dan tracing,” ujar dr. Nadia dikutip Galamedia dari Sehat Negeriku, Rabu 2 Februari 2022.

Baca Juga: Kurangi Kemacetan dan Hindari Kecelakaan, Dishub dan Polrestabes Bandung Rekayasa Jalan Citarum

Nadia menjelaskan, banyaknya angka testing dan tracing tersebut dilakukan sebagai deteksi dini mencegah meluasnya penyebaran Covid-19.

“Peningkatan kuota testing dan tracing ini merupakan bentuk dari upaya deteksi dini dalam mencegah perluasan penularan, serta mencegah munculnya klaster sebaran yang baru. Ini juga merupakan usaha untuk mendeteksi lebih awal gejala COVID-19 yang diderita oleh tiap-tiap individu. Hal ini penting untuk mencegah keterlambatan penanganan kasus mengingat varian Omicron yang memiliki persebaran lebih cepat namun cenderung tidak bergejala,” terang dr. Nadia.

Agar angka kasus ini tidak bertambah semakin besar, dr. Nadia meminta agar masyarakat tetap patuh untuk menjalankan protokol kesehatan.

Baca Juga: PDIP Klaim Libur Imlek Ditetapkan Megawati, Tokoh NU: Gak Sekalian Monas, Taman Mini Dia yang Bangun?

“Jika tidak bergejala, cukup untuk melakukan isoman di rumah atau isoter, dan manfaatkan layanan telemedicine yang tersedia. Segera lakukan vaksinasi booster, dan tetap disiplin menegakkan protokol kesehatan. Jangan lengah dan tetap selalu waspada,” tutup dr. Nadia.***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x