Dulu, Situ Wangi Dijadikan Tempat Memancing, Kini Jadi Objek Wisata Nan Menawan

- 19 Februari 2022, 17:39 WIB
Gubernur jawa Barat Ridwan Kamil Saat mendatangani batu prasasti Situ Wangi
Gubernur jawa Barat Ridwan Kamil Saat mendatangani batu prasasti Situ Wangi /Pepi Irawan/Galamedia/
GALAMEDIA - Bupati Ciamis Herdiat Sunarya bersama Wakil Bupati Yana D Putra mendampingi Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil meresmikan objek wisata Situ Wangi di Desa Winduraja, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Sabtu  19 Februari 2022.

Penataan ibjek wisata Situ Wangi dimulai  pada tahun 2021 dengan sumber anggaran dari Pemprov Jabar.
 
Saat ini penampilan objek wisata tersebut sudah jauh berbeda dengan dibangunnya berbagai fasilitas seperti gazebo, jalur pedestrian, amphitheater, masjid, wedding garden, menara pandang serta tugu macan.
 
Baca Juga: Banjir Pujian Usai Ikut Tren TikTok 'Fortune Cookie', Nabilah Ayu Eks JKT48: Gimana Masih Cocok Gak Nih?

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyampaikan selamat datang kepada Gubernur Jabar yang telah hadir dalam peresmian tersebut.

“Selamat datang kepada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, terima kasih kami sampaikan atas menyempatkan waktu untuk hadir secara langsung meresmikan objek Wisata Situwangi,” ucap Herdiat.

Ia menjelaskan, kondisi objek wisata Situ Wangi dahulunya merupakan sumber pencaharian masyarakat seperti memancing atau untuk irigasi kolam. Setelah direvitalisasi oleh Pemprov Jabar tampilannya semakin bagus berbeda dengan sebelumnya.
 
Baca Juga: Kembali Pamer Kemesraan dengan NU, Anies Baswedan Didoakan Menjadi Presiden Indonesia

“Tampilan Situ Wangi saat ini lebih bagus, dengan berbagai fasilitas yang melengkapinya. Semoga dapat menarik wisatawan  domestik maupun dari luar daerah,” katanya.

Menurutnya, akses jalan ke objek wisata Situ Wangi kurang lebar, terutama untuk mobilitas kendaraan besar seperti bus dan sejenisnya.
 
Herdiat menjanjikan akan segera melakukan perluasan jalan menuju Situ Wangi agar akses bagai wisatawan lebih nyaman.
 
Baca Juga: Robert Alberts Ungkap Kunci Kemenangan Persib Saat Lawan Persipura, Bobotoh Minta Pelatih Jangan Berpuas Dulu

“Untuk mengiringi pembangunan yang telah dilakukan Pemprov Jabar di Situ Wangi, kita telah menganggarkan di tahun 2022 untuk perluasan jalan, agar kendaraan besar bisa lebih leluasa masuk lokasi wisata,” ungkapnya.

Sementara itu Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengungkapkan, pelaksanaan penataan Objek Wisata Situ Wangi telah menyerap anggaran Rp11 miliar dari Pemprov Jabar.
 
Dengan selesainya pelaksanaan revitalisasi Situ Wangi diharapkan  dapat dimanfaatkan oleh warga terutama dalam pemulihan ekonomi.
 
Baca Juga: Minyak Goreng Makin Langka, Rizal Ramli Kritik Menteri Jokowi: Menang Gaya Doang

Perancangan desain penataan Situ Wangi dibuat oleh Kang Emil sapaan akrab Gubernur Jawa Barat dan disampaikan saat melakukan kunjungannya ke objek wisata pada tahun 2018, lalu.

Kang Emil menerangkan, di Objek Wisata Situ Wangi ia sengaja merancang wedding garden agar memberikan income juga untuk memberikan nuansa baru untuk pernikahan dengan pemandangan yang alami dan nyaman.

Ia pun merancang gazebo kuliner agar masyarakat bisa melakukan aktivitas ekonomi sehingga berdampak terhadap terhadap kesejahteraan masyarakat.
 
Baca Juga: Baru Terungkap! ini Awal Mula Nurhayati Ditetapkan Jadi Tersangka Saat Laporkan Kasus Korupsi Dana Desa

“Pada dasarnya berbagai fasilitas yang dihadirkan di Situ Wangi selain untuk objek wisata juga untuk menggeliatkan ekonomi masyarakat. Hal ini dilakukan agar ekonomi bisa bertahap pulih dan masyarakat pun merasakan dampak positif dari hadirnya objek wisata di daerahnya,” terangnya.

Kang Emil berharap dengan diresmikannya ibjek wisata Situ Wangi dengan fasilitas yang telah dibangunnya bisa bermanfaat untuk membangkitkan ekonomi Ciamis.

“Dengan diresmikannya objek wisata Situ Wangi semoga bisa mebangkitkan ekonomi di Ciamis dan ekonomi Indonesia,” harapnya.***


Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x