TRAGEDI KEMANUSIAAN: Invasi Rusia Tewaskan 136 Warga Sipil, Termasuk 13 Anak

- 1 Maret 2022, 21:57 WIB
Warga Ukraina berlindung saat sirine serangan udara berbunyi, di dekat gedung apartemen yang rusak akibat penembakan pasukan Rusia baru-baru ini di Kyiv, Ukraina 26 Februari 2022.
Warga Ukraina berlindung saat sirine serangan udara berbunyi, di dekat gedung apartemen yang rusak akibat penembakan pasukan Rusia baru-baru ini di Kyiv, Ukraina 26 Februari 2022. /Gleb Garanich/Reuters

GALAMEDIA - Sejak Rusia melakukan invasi ke Ukraina sedikitnya telah menewaskan 136 warga sipil, termasuk 13 anak, dan 400 orang lainnya terluka.

"Jumlah korban tewas yang sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi," kata juru bicara Kantor Komisaris Tinggi PBB untuk HAM (OHCHR) Liz Throssell saat konferensi pers, Selasa 1 Maret 2022.

Throssell juga mengatakan bahwa 253 korban berada di wilayah Donetsk dan Lugansk di Ukraina timur.

Baca Juga: Campakkan Julia Fox, Kanye West Pacari Model Kloningan Kim Kardashian

Juru bicara Program Pangan Dunia PBB (WFP)Tomson Phiri mengatakan WFP sudah  meningkatkan aktivitasnya di Ukraina sehingga pihaknya dapat membantu hingga 3,1 juta orang.

"Persediaan makanan kini menipis," katanya, menambahkan.

Sementara itu, Komisaris Tinggi PBB untuk Pengungsi (UNHCR) melaporkan bahwa lebih dari 660.000 orang, yang mayoritas anak-anak dan perempuan, telah meninggalkan Ukraina dan mengungsi ke negara-negara tetangga dalam enam terakhir sejak invasi dimulai.

Baca Juga: PERSIB Ungguli Persija di Babak I Lewat Gol David da Silva

Dikutip Galamedia dari Antara, juru bicara UNHCR Shabia Mantoo saat konferensi pers di Jenewa mengatakan terdapat laporan bahwa orang-orang menunggu hingga 60 jam untuk bisa sampai di Polandia.

Sementara itu, antrean di perbatasan Romania mengular hingga 20 km***

Editor: Dicky Mawardi


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x