Sebut Putin Gila, Alexei Navalny Terus Provokasi Warga Rusia Untuk Protes Invasi Ukraina di Balik Penjara

- 2 Maret 2022, 19:55 WIB
Kritikus Rusia, Alexei Navalny.
Kritikus Rusia, Alexei Navalny. /Reuters/Maxim Shemetov/

 

GALAMEDIA - Kritikus Kremlin yang terpenjara, Alexei Navalny terus mendorong agar warga Rusia terus melakukan protes setiap hari terhadap invasi Moskow ke Ukraina.

Hingga ia pun menggambarkan Presiden Vladimir Putin sebagai "tsar yang jelas-jelas gila."

Navalny menyerukan protes di seluruh negeri dan luar negeri untuk memberi sinyal bahwa tidak semua orang Rusia mendukung perang dan menunjukkan solidaritas dengan ribuan orang yang ditahan dalam protes anti-perang di Rusia sejak invasi pekan lalu.

"Kami tidak bisa menunggu lebih lama lagi. Di mana pun Anda berada. Di Rusia, Belarusia, atau di sisi lain planet ini. Pergi ke alun-alun utama kota Anda setiap hari kerja pukul 19.00 dan pukul 14.00 pada akhir pekan dan hari libur," katanya dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di Twitter oleh juru bicaranya seperti dikutip Galamedia dari Reuters, Rabu, 2 Maret 2022.

Navalny mengatakan Rusia ingin menjadi negara yang damai tetapi hanya sedikit orang yang akan menyebutnya seperti itu sekarang.

Baca Juga: Luhut Terseret Polemik Wacana Tunda Pemilu, Demokrat: Aroma Bangkai Menyeruak

"Setidaknya mari kita tidak menjadi bangsa dengan orang-orang pendiam yang ketakutan. Dari pengecut yang berpura-pura tidak memperhatikan perang agresif melawan Ukraina yang dilakukan oleh tsar kita yang jelas-jelas gila," katanya.

"Saya dari Uni Soviet. Saya lahir di sana. Dan ungkapan utama dari sana - sejak masa kanak-kanak saya - adalah 'berjuang untuk perdamaian'. Saya meminta semua orang untuk turun ke jalan dan berjuang untuk perdamaian ... Putin adalah bukan Rusia," ujarnya.

Navalny, penentang Putin yang paling menonjol, dipenjara tahun lalu setelah dia kembali dari Jerman setelah menjalani perawatan untuk apa yang ditunjukkan oleh tes laboratorium Barat sebagai upaya untuk meracuninya dengan agen saraf di Siberia. Dia mengatakan dia dijatuhi hukuman atas tuduhan palsu.

Halaman:

Editor: Dicky Aditya

Sumber: Reuters


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x