Rusia Hentikan Serangan di 5 Kota agar Warga Sipil Ukraina Dapat Mengungsi

- 9 Maret 2022, 08:45 WIB
Ilustrasi pengungsi Ukraina.
Ilustrasi pengungsi Ukraina. /Reuters

GALAMEDIA - Rusia berencana untuk menghentikan serangannya ke wilayah Ukraina mulai hari ini 9 Maret 2022 pukul 10.oo waktu setempat.

Penghentian serangan Rusia tersebut dilakukan untuk membuka koridor kemanusiaan bagi warga Ukraina yang hendak mengungsi.

Dilansir dari Strait Times, 9 Maret 2022, Rusia akan membuka koridor kemanusiaan dari Kharkiv, Chernihiv, Mariupol, Sumy, dan Kyiv.

Informasi mengenai penghentian serangan tersebut diungkapkan oleh Kepala Pusat Kontrol Pertahanan Nasional Rusia, Mikhail Mizintsev.

Baca Juga: Doni Salmanan Tersangka, Ini Barang Bukti yang Disita Polisi

Mizintsev menuturkan, informasi mengenai koridor kemanusiaan di lima kota Ukraina dikirimkan langsung ke Wakil Perdana Menteri Ukraina, Iryna Vereshchuk.

"Mengingat situasi kemanusiaan yang memburuk... dan untuk memastikan keselamatan warga sipil dan warga negara asing, Rusia akan menjalankan masa sunyi mulai pukul 10 pagi waktu Moskow pada 9 Maret dan siap untuk menyediakan koridor kemanusiaan," kata Mizintsev.

Sementara itu, Presiden Ukraina, Volodymyr Zelenskyy menyampaikan ucapan terima kasih pada pemimpin Amerika Serikat dan Inggris.

Ucapan terima kasih tersebut ditujukan atas tindakan kedua negara tersebut yang melarang impor minyak dari Rusia.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x