Gunung Merapi Muntahkan Awan Panas Sejauh 5 Kilometer, Sejumlah Daerah Terkena Hujan Abu Vulkanik

- 10 Maret 2022, 08:59 WIB
Gunung Merapi muntahkan awan panas./twitter/@BPPTKG
Gunung Merapi muntahkan awan panas./twitter/@BPPTKG /

GALAMEDIA – Gunung merapi muntahkan awan panas sebanyak lima kali dengan jarak 5 kilometer kearah Tenggara tengah malam tadi, Kamis 10 Maret 2022.

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyebut, guguran awan panas tersebut terjadi pukul 23.18 wib, 23.29wib, 23.38 wib, 23.44 wib dan 00.22 WIB.

Akibat dari adanya guguran awan panas tersebut sejumlah daerah di Desa Tlogolele dan Desa Gantung Kecamatan Sawangan, Magelang, Jawa Tengah terkena hujan abu vulkanik.

Sampai saat ini status Gunung Merapi masih dalam keadaan siaga, level III melihat hal ini sebanyak ratusan warga telah mengungsi karena khawatir terjadi erupsi.

Baca Juga: Nestapa Warga Ukraina, Minum Air 'Kotor' Demi Bertahan Hidup di Tengah Gempuran Rusia

Kepala BPPTKG, Hanik Humaida dalam keterangnnya menyebut Gunung Merapi meluncurkan awan panas guguran tersebut dengan durasi 191 detik dengan amplitude maksimal 75 mm.

“Saat ini aktivitas merapi sudah melandai pasca guguran, kegempaan didominasi oleh gempa-gempa guguran,” kata Hanik Humaida, dilansir Antara, Kamis 10 Maret 2022.

Lebih lanjut pihaknya juga menyebut jika guguran lava dan awan panas merapi ini bisa membahayakan daerah selatan hingga barat daya gunung.

Yakni meliputi sungai Boyong, Bedog, Krasak, dan Bebeng serta wilayah tenggara yaitu sungai Woro dan Cendol.

Halaman:

Editor: Dadang Setiawan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x